Nutrisi yang Baik bagi Tumbuh Kembang Anak

by | Mar 1, 2022 | Nutrisi, Tumbuh Kembang

Tumbuh kembang merupakan dua hal yang saling berkaitan. Tumbuh berkaitan dengan bertambahnya jumlah sel dan jaringan dalam tubuh. Jadi ketika kita bertambah besar itu dinamakan tumbuh dan hal tersebut dapat dilihat dari tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dan lain-lain. Maka, demi menunjang tumbuh kembang anak, tentunya orang tua perlu untuk memerhatikan nutrisi anak.

Pemenuhan kebutuhan nutrisi itu harus dioptimalkan sejak masih dalam kandungan dan terus bertahap sampai si anak lahir dan bertahap sesuai usianya, karena kebutuhan nutrisi pada masing-masing usia berbeda. Itulah mengapa Ayah Bunda harus cermat dalam memberikan makanan pada anak agar tidak sampai anak kekurangan nutrisi karena pemberian makanan yang kurang seimbang dan tidak sarat gizi sesuai kebutuhan usianya.

Asupan Agar Tumbuh Kembang Anak Optimal

Menurut ahli gizi, Afidah Nur Chauliyah, S.Gz orang tua perlu mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum pembuahan itu terjadi, sehingga untuk calon ibu yang sedang melakukan program hamil atau yang akan menikah harus mempersiapkan nutrisi yang tepat untuk calon buah hati,

Baca Juga  Susah Bangun Awal? Ini Ide Menu Sahur Siap Saji

Kedua, perkembangan atau pembentukan sistem saraf dalam janin dimulai dari pembuahan sampai trimester pertama. Sehingga para calon ibu harus memperhatikan nustrisi makanan yang dikonsumsi dan mengkonsumsi suplemen dari dokter dengan cukup.

Sedangkan Asupan untuk bayi usia nol sampai enam bulan berkaitan dengan ASI eksklusif, usia enam bulan sampai dua tahun membutuhkan MPASI. Ketika usia enam bulan kalori dari ASI tidak mencukupi sehingga diperlukan tambahan dari MPASI dengan jumlah yang sesuai dengan umur.

Adapun gizi yang diperlukan dari MPASI yaitu karbohidrat, protein hewani dan nabati, lemak, sayur dan buah bersifat tambahan karena kalorinya yang tidak tinggi. Hal ini akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak dengan gizi seimbang.

Selanjutnya, saat anak usia dua tahun sudah terlihat perkembangan untuk mandiri seperti pemilih makanan hal tersebut termasuk ciri perkembangan yang bagus. Karena anak sudah merasa memiliki referensi sehingga orang tua harus menghargai keinginan anak dengan menanyakan keinginan anak dan tidak boleh memaksa anak untuk memakan makanan yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Autisme Pada Anak, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Isi Piringku bagi Anak

Tentunya berbeda, karena kebutuhan nutrisi pada anak-anak dan dewasa sangat berbeda. Yang pertama kalori kebutuhan dewasa lebih besar, zat-zat lain tentunya lebih besar orang dewasa.

Untuk anak-anak pemberian makanan secukupnya yang terpenting terdapat sumber karbohidrat, protein nabati, protein hewani, dan lemak, sedangkan sayur dan buah diberikan namun memiliki sifat hanya sebagai tambahan. Sayur dan buah pada dewasa sangat direkomendasikan untuk dikonsumsikan secara banyak, namun pada anak kecil tidak perlu terlalu banyak.

Stimulasi Untuk Anak Nafsu Makan

Pertama, ikuti jadwal lapar anak. Kedua, orang tua mencontohkan makan makanan yang sehat.  Ketiga berkaitan dengan MPASI apabila anak memiliki MPASI yang sudah bagus dan peran orang tua yang memberikan contoh hidup sehat dan makan sehat.

Jika pada saat fase pemilihan makanan anak merasa dihargai dan dihormati serta keinginannya dituruti maka akan cepat fase gerakan tutup mulut terlewati. Anak menjadi pemilih makanan tidak hanya terjadi pada usia dua tahun saja.

Generos Penambah Nafsu Makan Anak

Generos Penambah Nafsu Makan Anak

Ini bisa juga terjadi pada anak usia 10 bulan, dan saat itu terjadi orang tua harus menuruti keinginan anak dengan mengupayakan asupan anak tercukupi. Bisa dengan makanan yang disukai anak yang kaya gizi dan manfaat.

Baca Juga  Hari Mendongeng: Terapi Speech Delay yang Efektif

Penuhi Asupan Tambahan dengan Vitamin Generos

Jadi Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir untuk selalu berusaha memenuhi pring anak dengan nutrisi yang baik untuknya. Jadi penuhi dengan asupan nutrisi dan tentunya bisa menstimulasi nutrisi dari luar dengan vitamin Generos.

Bunda dapat memberikan vitamin untuk otak sekaligus membantu meningkatkan nafsu makan anak, Generos. Genius for Neuron dengan lima bahan alami pilihan, yaitu pegagan, madu hutan, ikan sidat, mengkudu, dan temulawak yang sudah sejak lama digunakan nenek moyang bangsa Indonesia untuk mengatasi nafsu makan anak.

Banyak testimoni yang dapat bunda temukan dengan memberikan suplemen penambah nafsu makan anak Generos ini di internet. Agar bunda yakin dan percaya bahwa Generos sangat membantu dalam memulihkan nafsu makan si kecil.

Lomba Menulis Artikel: Mengawal Tumbuh Kembang bersama Generos

Event - Hallo Bunda! Apakah Bunda mempunyai hobby atau bisa menulis? Pernah membeli Generos atau jadi konsumen Generos hingga saat ini? Dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional 22 Juli 2022 nanti, Kami mengajak Ayah dan Bunda yang telah berjuang bersama Generos...

Tes Minat Bakat Anak Sejak Dini, Perlukah?

Keluarga - Pernahkah Bunda merasa ingin bimbang ketika mengarahkan anak pada satu minat tertentu tapi takut tidak sesuai dengan bakatnya? Kegalauan ini mungkin banyak dialami oleh keluarga yang memilkik anak kecil hingga memasuki usia sekolah. Pilihan berbagai macam...

Nyata! Setelah Minum Generos Jadi (Lebih PD) Lancar Membaca

Tumbuh Kembang – Sebagai suplemen kecerdasan otak anak, Generos telah dipercaya oleh ribuan orang tua sebagai penunjang tumbuh kembang anak dalam memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Ternyata tidak hanya baik untuk membantu mengatasi speech delay saja, salah satu...

Kumpulan 5 Artikel Manfaat Generos beserta Khasiat Bahan-bahanya!

Nutrisi - Tahukah Bunda? kandungan protein dalam ikan sidat ternyata lebih tinggi daripada ikan salmon. Selain itu, ada manfaat lainnya ang tersembunyi dalam temulawak selain meningkatkan nafsu makan anak. Ternyata masih banyak manfaat Generos yang bisa diperoleh dari...