Berikut 6 Tips Bijak Belanja Online Saat Tanggal Cantik

by | Mar 15, 2022 | Keluarga

Keluarga – Hari ini, tepat pada tanggal 15 Maret memperingati Hari Hak Konsumen Sedunia. Maraknya belanja online saat pandemi seperti ini, mengubah kebiasaan konsumen yang dulunya belanja di toko, beralih memilih belanja online. Riset menunjukkan bahwa ada peningkatan sebesar 74,5 % konsumen indonesia yang memilih belanja online.

Peningkatan ini imbas dari peralihan kegiatan masyarakat yang dibatasi dan kebutuhan pokok dialihkan ke layanan digital. Maka, konsumen indonesia pun mau tak mau membeli  produk lewat marketplace. Kegiatan belanja online ini lah yang membuat kita suka kalap saat lihat berbagai produk di marketplace.

Banyak nya barang yang dijual di marketplace terkadang membuat kita tergoda dengan harga yang murah dan menarik pandangan mata. Pembelian produk di marketplace pun akhirnya jadi tinggi. Namun, sebagai konsumen yang cerdas, kita harus tau bagaimana cara menahan diri untuk tidak teralu boros saat ada promo di tanggal cantik.

Yuk simak 6 cara menahan promo tanggal cantik buat Bunda yang suka belanja online nih. Wajib banget diterapkan lho

1. Tidak Mudah Tergiur Iklan Promo

Banyaknya iklan promo yang menarik saat tanggal cantik membuat kita mudah tergiur membeli. Akibatnya kita menjadi boros dan belanja produk yang tidak diinginkan. Maka, Menahan diri merupakan tameng utama agar Bunda tidak mudah tergiur dengan promo yang ditampilkan. Umumnya, menjelang tanggal cantik seperti 2.2 atau 3.3 platform e commerce sudah memaparkan iklan hampir di semua media sosial yang kita milki.

Baca Juga  Vanessa Angel dan Kenangannya Merawat Gala

Kamu bisa mengabaikan iklan promo tersebut atau gunakan fitur berhenti berlangganan saat dikirim iklan promo di email,. Dengan kita bisa menahan diri terhadap godaan iklan promo saat tanggal cantik, kamu telah terhindar dari pemborosan barang yang tidak dibutuhkan.

2. Jangan Sering Menhunjungi Situs Belanja

Siapa yang disini kalau lagi tidak ada kegiatan atau sedang bosan malah scrolling situs belanja? Nah, tanpa disadari ini bisa menyebabkan kebiasaan buruk lho! Walaupun Bunda hanya iseng aja, kegiatan ini bisa memunculkan minat belanja yang tinggi pada saat promo tanggal cantik. Jika Bunda mau membeli suatu produk, lebih baik langsung menuju marketplace yang diinginkan. Supaya Bunda terhindar dari pemborosan saat belanja online dan malah check out produk gak penting deh!

3. Pikir Sebelum Membeli

Kalau sebelumnya membahas tentang menahan diri untuk tidak mengunjungi situs belanja terlalu sering. Pada poin ini membahas tujuan kamu membeli suatu produk di marketplace. Bunda sangat perlu untuk meninjau kembali produk yang ingin dibeli. Terkadang membeli barang dengan buru-buru karena tergiur promo murah atau produk terbatas bisa berujung penyesalan lho!

Bunda bisa meluangkan waktu terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli produk. Luangkan waktu sekitar 3-7 hari, lalu pikirkan kembali apakah produk tersebut benar-benar dibutuhkan oleh Bunda atau tidak. Berpikir sebelum membeli juga dapat menghindarkan kita dari pemborosan dan lebih bijak saat memutuskan untuk belanja online.

Baca Juga  Puasa Tanpa Dehidrasi Bisakah? Dengan Mentimun

4. Buat Daftar Pembelian Produk

Supaya pandangan mata saat mengunjungi situs belanja tidak ke mana-mana. Penting sekali buat daftar atau list produk yang ingin dibeli oleh kamu. Kamu bisa buat daftar belanjaan bulanan beserta biaya yang akan dikeluarkan. Pikirkan lagi tentang produk yang dibutuhkan. Tentunya, Bunda juga harus bersikap ketat dengan daftar belanjaan ini ya. Biar bisa jadi kebiasaan Bunda saat berbelanja online.

Berikut-6-tips-menahan-belanja-online-saat-promo-tanggal-cantik

Buat daftar belanja online

5. Mencatat Pengeluaran

Setelah membuat daftar produk yang ingin dibeli, Bunda juga bisa membuat daftar pengeluaran dari produk yang sudah dibeli. Sebagian orang mungkin malas untuk melakukan kegiatan ini. Tetapi perlu Bunda tahu, kegiatan ini sangat penting untuk mengetahui jenis produk yang sudah dibeli. Dengan begitu, sebelum bunda membuat daftar pembelian produk bulan depan, alangkah baiknya melihat daftar pengeluaran produk yang telah dibeli. Untuk memastikan tidak ada produk yang sama saat pembelian produk bulan selanjutnya.

6. Pahami Dampak dari Belanja Online

Kegiatan mengunjungi situs belanja online memang terasa mengasyikkan, apalagi saat sedang bersanta. Namun tahukan Bunda, ada dampak negatif yang mengintai saat belanja online sudah ada di taraf kecanduan. Kecanduan berarti Bunda sudah tidak bisa mengontrol diri sendiri saat belanja. Dampak negatifnya yaitu tidak peduli produk tersebut dibutuhkan atau tidak. Bahkan rela sampai terlilit utang untuk membeli suatu produk . Dampak lainnya adalah Bunda dapat mudah berbohong ketika membeli suatu produk. Kalau sudah berbohong dengan pasangan atau keluarga bisa gawat lho! Bisa bikin hubungan antar keluarga malah ikut terganggu.

Berikut-6-tips-menahan-belanja-online-saat-promo-tanggal-cantik

Bunda bijak dalam mengatur keuangan keluarga

Maka, sosok Bunda yang mengatur keuangan keuarga, tentunya harus bisa menerapkan sikap yang bijak dalam belanja online. Pahami mana kebutuhan pribadi dan keluarga. Dahulukan produk rumah tangga yang sekiranya punya manfaat utama. Dengan mengatur keuangan yang baik pula, kegiatan belanja online Bunda bisa mendatangkan dampak yang positif untuk diri sendiri maupun keluarga tentunya.

Baca Juga  Begini Cara Kerja Screen Time Pengaruhi Emosi Anak

Produk anak tentu bisa punya peran utama untuk perkembangan anak. Maka, produk Generos bisa menjadi salah satu produk kebutuhan anak yang bisa Bunda masukan ke daftar belanja online bulan ini. Generos mempunyai manfaat utama yaitu mampu mengatasi keterlambatan bicara atau speech delay, anak autis, dan ADHD. Generos membantu merangsang saraf verbal agar lancar bicara dan kecerdasan anak. Bunda bisa mendapatkan produk Generos di marketplace kesayangan Bunda yaa! Untuk store asli, silakan Bunda cek di link ini.

 

Lomba Menulis Artikel: Mengawal Tumbuh Kembang bersama Generos

Event - Hallo Bunda! Apakah Bunda mempunyai hobby atau bisa menulis? Pernah membeli Generos atau jadi konsumen Generos hingga saat ini? Dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional 22 Juli 2022 nanti, Kami mengajak Ayah dan Bunda yang telah berjuang bersama Generos...

Tes Minat Bakat Anak Sejak Dini, Perlukah?

Keluarga - Pernahkah Bunda merasa ingin bimbang ketika mengarahkan anak pada satu minat tertentu tapi takut tidak sesuai dengan bakatnya? Kegalauan ini mungkin banyak dialami oleh keluarga yang memilkik anak kecil hingga memasuki usia sekolah. Pilihan berbagai macam...

Nyata! Setelah Minum Generos Jadi (Lebih PD) Lancar Membaca

Tumbuh Kembang – Sebagai suplemen kecerdasan otak anak, Generos telah dipercaya oleh ribuan orang tua sebagai penunjang tumbuh kembang anak dalam memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Ternyata tidak hanya baik untuk membantu mengatasi speech delay saja, salah satu...

Kumpulan 5 Artikel Manfaat Generos beserta Khasiat Bahan-bahanya!

Nutrisi - Tahukah Bunda? kandungan protein dalam ikan sidat ternyata lebih tinggi daripada ikan salmon. Selain itu, ada manfaat lainnya ang tersembunyi dalam temulawak selain meningkatkan nafsu makan anak. Ternyata masih banyak manfaat Generos yang bisa diperoleh dari...