5 Cara Menghafalkan Surat Pendek untuk Anak Mudah dan Asyik

by | Apr 25, 2022 | Keluarga, Tumbuh Kembang

Tumbuh Kembang – Seperti yang Bunda ketahui, sebagai umat muslim sudah sepatutnya memperkenalkan pendidikan agama pada anak sejak dini. Salah satunya dengan mengenalkan ayat-ayat suci Al – Qur’an kepada anak. Tujuannya agar kelak anak bisa membaca al-Quran dengan lancar dan menjadi dambaan untuk dirinya sendiri dan keluarga.

Banyak keutamaan yang bisa anak ambil ketika ia bisa membaca, bahkan menghafal al quran. Anak bisa memahami bahwa al quran merupakan pedoman hidup bagi umat muslim. Sehingga anak dapat menjadi anak yang sholeh dan sholehah, serta mengamalkan Al – Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai cara bisa Bunda lakukan untuk mengenalkan al quran pada anak sejak dini. Salah satunya dengan hafalan surat-surat pendek, ,ulai dari Juz 30. Ini menjadi awal mula yang bagus agar anak bisa menghafalkan Al-Qur’an yang bisa berlanjut dengan juz berikutnya. Tentu mempunyai anak seorang hafidz dan hafidzah merupakan kebanggaan untuk Bunda dan keluarga ya!

Tentu sebagai orang tua kita patut kontribusi dalam hafalan surat pendek anak. Berikut 5 cara menghapalkan surat pendek untuk anak dengan mudah dan asyik. Bunda bisa terapkan untuk anak di rumah ya!

Memutar lagu Murotal Al-Qur’an

Jika musik klasik dapat mencerdaskan otak anak sejak dalam kandungan, Al-Quran pun tidak kalah besar efeknya dalam meningkatkan kemampuan otak anak. Sejak dalam andungan, anak mempunyai kemampuan untuk mendengarkan suara-suara disekitarnya. Oleh sebab itu, memperdengarkan lantunan Al-Quran dapat merangsang dan membiasakan anak dengan Al-Quran.

Jika anak sedang dalam masa usia emas, ini waktu yang tepat untuk merangsang dan mengajarkan anak untuk menghafal Al-Quran. Perdengarkan surat-surat pendek terlebih dahulu, sehingga ia bisa terbiasa dan menghafalkannya. Bunda bisa melakukan dalam kurun waktu 5 hari untuk anak bisa menghapalkan.Bunda bisa memutarkan surah-surah pendek untuk anak melalui kaset ataupun lagu yang bisa didengarkan lewat handphone.

Tentukan Hafalan dalam Sehari

Sembari memperdengarkan lantunan ayat suci al – quran, termasuk surah pendek. Alangkah baiknya jika Bunda juga menentukan hafalan surat dalam sehari. Hal ini bertujuan agar anak bisa konsentrasi dan konsisten dalam menjalankan hapalannya. Selain itu, mengulangi ayat-ayat atau muraja’ah dalam satu hari akan meningkatkan kemampuan ingatannya terhadap surat-surat pendek.

Baca Juga  Biar nggak Burnout, Yuk Terapkan Mindfulness!

Fakta-menarik-manfaat-al-Qur'an-untuk-kecerdasan-otak

Ikhtiar

Memiliki seorang anak yang bisa menghafalakan surat pendek, bahkan bisa menghapal Al – Qur’an tentu membawa berkah untuk kedua orang tuanya. Sampai anak bisa menghafal Al – Qur’an tentunya membutuhkan usaha yang gigih dan ikhtiar. Jika Bunda menginginkan anak bisa lancar dalam menghafalkan surat-surat pendek, tentunya harus diiringn dengan doa dan ikhtiar. Tentunya dengan melengkapi kebutuhan penunjan supaya anak bisa nyaman saat menghapalkan surat-surat pendek.

Gunakan Metode Permainan

Masa anak-anak merupakan masa untuk bermain dan belajar. Supaya anak Bunda tetap semangat dalam menghapalkan surat pendek, alangkah baiknya gunakan permainan tertentu yang bisa meningkatkan kemampuan ingatannya. Menurut jurnal IQRO: Journal of Islamic Education, metode menghapalkan Al – Quran dengan menggerakan gerakan tangan dapat membuat memori mereka lebih mengingat huruf-huruf hijaiyah.

Baca Juga  Nutrisi yang Baik bagi Tumbuh Kembang Anak

Dengan metode inianak akan belajar Al-Qur’an sekaligus memahami makna dan artinya. Selain itu, anak tidak tertekan sehingga rasa senang, enjoyable dalam setiap sesi pembelajaran membuat mereka cinta dalam mendengarkan Al-Qur’an dan jauh dari rasa keterpaksaan.

Generos Bantu Meningkatkan Kemampuan Menghapal Surat Pendek

Agar anak lebih mudah menghafal surat pendek, Bunda juga harus memperhatikan nutrisinya. Nutrisi yang didapat bisa berasal dari sayur atau buah-buahan, bahkan dari bahan herbal salah satunya pegagan. Pegagan mempunyai senyawa brahmoside. Senyawa tersebut dapat  memperlancar aliran darah dan memiliki protein penting bagi sel otak.

Pegagan sebagai salah satu bahan Generos mempunyai kandungan lain seperti garam mineral antara lain kalsium, kalium, magnesium, natrium, magnesium, besi, minyak atsiri, fosfor, pektin, asam amino, vellarine, dan vitamin B. Berbagai kandungan ini dapat membantu melancarkan aliran darah pada pembuluh otak dan menstimulasi aliran darah ke otak anak. Sehingga anak memiliki daya ingat yang bagus saat masa emasnya.

 

Lomba Menulis Artikel: Mengawal Tumbuh Kembang bersama Generos

Event - Hallo Bunda! Apakah Bunda mempunyai hobby atau bisa menulis? Pernah membeli Generos atau jadi konsumen Generos hingga saat ini? Dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional 22 Juli 2022 nanti, Kami mengajak Ayah dan Bunda yang telah berjuang bersama Generos...

Tes Minat Bakat Anak Sejak Dini, Perlukah?

Keluarga - Pernahkah Bunda merasa ingin bimbang ketika mengarahkan anak pada satu minat tertentu tapi takut tidak sesuai dengan bakatnya? Kegalauan ini mungkin banyak dialami oleh keluarga yang memilkik anak kecil hingga memasuki usia sekolah. Pilihan berbagai macam...

Nyata! Setelah Minum Generos Jadi (Lebih PD) Lancar Membaca

Tumbuh Kembang – Sebagai suplemen kecerdasan otak anak, Generos telah dipercaya oleh ribuan orang tua sebagai penunjang tumbuh kembang anak dalam memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Ternyata tidak hanya baik untuk membantu mengatasi speech delay saja, salah satu...

Kumpulan 5 Artikel Manfaat Generos beserta Khasiat Bahan-bahanya!

Nutrisi - Tahukah Bunda? kandungan protein dalam ikan sidat ternyata lebih tinggi daripada ikan salmon. Selain itu, ada manfaat lainnya ang tersembunyi dalam temulawak selain meningkatkan nafsu makan anak. Ternyata masih banyak manfaat Generos yang bisa diperoleh dari...