Meningkatkan Kemampuan Oromotor Anak dengan Finger Food

by | Apr 28, 2022 | Nutrisi, Tumbuh Kembang

Tumbuh Kembang –  Membesarkan anak bukan hanya fokus terhadap stimulasi, tetapi orang tua juga harus memberikan nutrisi, kasih sayang, dan waktu luang agar meningkatkan bounding kepada anak. Ketika orang tua konsultasi ke dokter, pasti banyak yang ditanyakan mengenai tumbuh kembang dan fase perkembangan anak. Salah satu komponen perkembangan bicara adalah kemampuan oromotor pada anak. Namun apakah benar nutrisi bisa memengaruhi kemampuan oromotor pada anak?

Tekstur Makanan dengan Kemampuan Oromotor

Oromotor merupakan dasar makan yang mencakup kegiatan di rongga mulut anak, seperti rahang, gigi, lidah, langit-langit mulut dan bibir. Umumnya fase ini terjadi saat anak berusia 6 bulan. Mulai dari anak yang masih mengonsumsi asi, dimana kemampuan oromotor nya hisap dan telan. Selanjutnya kemampuan oromotor akan meningkat ketika anak sudah diberikan makanan pendamping asi (MPASI). Anak akan mulai mengunyah walaupun belum tumbuh gigi, mereka akan menggunakan gusi.

Baca Juga  Sejak Kenal Generos Kekhawatiranku Sirna

Fase oromator sejak anak lahir harus dilewati oleh anak. Jika fase ini tidak terlewati dengan baik, ada tanda anak mengalami masalah gangguan oromotor. Oromotor yang berkaitan dengan dasar makan , terkadang bisa berhubungan dengan masalah bicara. Maka dari itu, fase usia 6 sampai 9 bulan merupakan masa kritis oromotor anak. Sehingga orang tua harus meningkatkan tekstur makanan secara bertahap.

Pengenalan Tekstur Makanan pada anak

Saat anak berusia 6-9 bulan, Bunda bisa memberikan tekstur makanan dengan bertahap. Mulai dari 6 bulan anak sudah dikenalkan dengan MPASI. Tekstur makanan bisa berupa bubur halus atau buah-buahan yang disaring halus. Kedua, MPASI dengan tekstur bubur, namun yang sedikit kasar. Kemudian, naik tingkatan dengan makan nasi tim. Hingga terakhir anak dibiasakan untuk makan nasi.

Baca Juga  Manfaat Ikan Sidat, Ratu Gizi yang membuat Anak Cerdas

shireen-aqila-dan-generos

Pengenalan tesktur makanan yang bertahap ini bertujuan untuk memberikan adaptasi anak supaya mereka menyesuaikan oromotornya. Paling penting, Bunda harus tahu waktu anak memulai finger food. Umumnya anak berusia 7,5 bulan sudah memulai finger food. Namun, kegiatan ini tetap harus diawasi ya Bunda, supaya anak tidak tersedak. Selain itu, anak bisa meraba, memegang, dan memasukan makanan ke mulut. Oleh sebab itu, finger food termasuk latihan sensorik oromotor.

Aspek Makanan untuk Anak

Dalam mempersiapkan isi piring untuk anak. Tentunya Bunda sudah mencari tahu nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya. Terkait bahan-bahan seperti sayuran bisa disesuaikan. Dalam pemberian rasa seperti asin atau manis masih diperbolehkan asal masih dalam tahap yang wajar. Dr. Ajeng Indriastari menjelaskan anak di bawah 1 tahun hanya boleh mengonsumsi garam tidak lebih dari 400mg. Sedangkan gula, tidak boleh lebih dari 10% kebutuhan kalorinya.

Baca Juga  Cara Terapi Wicara di Rumah untuk Anak

Dalam menghidangkan makanan untuk anak. Bunda bisa memperhatikan 5 aspek makanannya. Dengan tujuan supaya anak mau makan dan menyukai makanan yang mereka makan. Kelima aspek tersebut yaitu :

  1. Rasanya enak
  2. Makanannya menggugah selera
  3. Bentuknya bervariasi dan menarik
  4. Teksturnya menantang sesuai usia

Ternyata kemampuan oromotor memang harus ditingkatkan dengan memberikan nutrisi baik agar anak tidak bermaslah dengan makanannya. Sehingga tumbuh kembang anak dapat meningkat secara optimal. Bunda bisa intip tips feeding rules ala Bunda Shireen Aqila. Tentunya, harus diiringi dengan stimulasi dan suplemen Generos agar anak makin meningkat nafsu makannya.

 

Lomba Menulis Artikel: Mengawal Tumbuh Kembang bersama Generos

Event - Hallo Bunda! Apakah Bunda mempunyai hobby atau bisa menulis? Pernah membeli Generos atau jadi konsumen Generos hingga saat ini? Dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional 22 Juli 2022 nanti, Kami mengajak Ayah dan Bunda yang telah berjuang bersama Generos...

Tes Minat Bakat Anak Sejak Dini, Perlukah?

Keluarga - Pernahkah Bunda merasa ingin bimbang ketika mengarahkan anak pada satu minat tertentu tapi takut tidak sesuai dengan bakatnya? Kegalauan ini mungkin banyak dialami oleh keluarga yang memilkik anak kecil hingga memasuki usia sekolah. Pilihan berbagai macam...

Nyata! Setelah Minum Generos Jadi (Lebih PD) Lancar Membaca

Tumbuh Kembang – Sebagai suplemen kecerdasan otak anak, Generos telah dipercaya oleh ribuan orang tua sebagai penunjang tumbuh kembang anak dalam memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Ternyata tidak hanya baik untuk membantu mengatasi speech delay saja, salah satu...

Kumpulan 5 Artikel Manfaat Generos beserta Khasiat Bahan-bahanya!

Nutrisi - Tahukah Bunda? kandungan protein dalam ikan sidat ternyata lebih tinggi daripada ikan salmon. Selain itu, ada manfaat lainnya ang tersembunyi dalam temulawak selain meningkatkan nafsu makan anak. Ternyata masih banyak manfaat Generos yang bisa diperoleh dari...