Makanan Lebaran dari Berbagai Daerah

by | Apr 30, 2022 | Keluarga, Uncategorized

Keluarga – Setelah menjalani hampir sebulan penuh berpuasa, kini Muslim di seluruh dunia tengah bersiap menyambut hari raya Idul Fitri. Setelah berpuasa di bulan Ramadhan maka pada hari raya yang dilaksanakan tepat pada 1 Sya’ban itu terdapat larangan berpuasa. Maka pada hari itu terdapat tradisi unik menyuguhkan santapan khas lebaran.

Di seluruh penjuru dunia memiliki santapan khas daerah masing-masing. Seperti di Timur Tengah yang khas dengan nasi kebuli, musakhan, baklava dan lain sebagainya. Begitu pula dengan negara tropis dengan penduduk mayoritas beragama Islam, yaitu negara kita Indonesia.

Indonesia yang kaya akan suku dan bahasa tentu memiliki keanekaragaman tradisi dalam merayakan hari raya Idul Fitri atau dikenal sebagai hari lebaran ini. Meskipun terkadang terdapat kesamaan dalam sajian makanan, namun masih banyak sekali keanekaragaman sajian lebaran dari berbagai daerah.

Berikut beberapa sajian khas lebaran dari berbagai daerah di Indonesia:

1. Ketupat

Ketupat

Makanan yang biasanya berbahan dasar beras ini menjadi sajian khas lebaran di semua daerah. Meskipun ada beberapa daerah yang memiliki ketupat dengan cita rasa yang berbeda. Seperti ketupat pulut yang menggunakan bahan beras ketan, sehingga rasanya pun akan berbeda dengan ketupat yang lain.

Tidak hanya itu, ketupat yang umumnya dibungkus dengan anyaman janur ini bisa dibungkus dengan anyaman daun lain. Seperti di Banjarnegara yang ketupatnya berbeda dari yang lain, ketupat ini unik karena dibuat dengan campuran air pelepah kelapa sehingga cita rasanya berbeda.

Sedangkan di daerah Melayu Riau pesisir, ketupat dibungkus dengan daun kapau. Ciri khas dari ketupat kapau yaitu warna ketupat tidak berubah, tetap putih bersih. Berbeda dengan ketupat yang dibungkus daun janur atau daun pandan yang bagian terluar ketupat berubah warna menjadi hijau setelah matang.

Baca Juga  Yuk Tanamkan Nilai Positif Pada Anak di Momen Lebaran

2. Rendang

Rendang

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang berbahan dasar daging sapi yang sudah dikenal di dunia ini. Dengan berbagai rempah-rempah yang kental membuat makanan yang berasal dari masyarakat Melayu ini memiliki cita rasa yang khas. Namun tahukah Bunda, bahwa sajian rendang tidak hanya ada di Indonesia saja?

Beberapa negara yang masih satu rumpun dengan suku Melayu juga memiliki rendang sebagai sajian lebaran. Di antaranya adalah Brunei Darussalam dan Malaysia. Rendang tidak asing di kedua negara tersebut sebagai sajian lebaran. Seperti diketahui kedua negara tersebut juga memiliki penduduk dengan mayoritas beragama Islam.

3. Opor Ayam

Opor Ayam

Sajian ayam berkuah ini merupakan teman setia ketupat di momen lebaran. Biasanya opor ayam dimasak dengan menggunakan santan. Tingkat kekentalan santan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Namun dari segi bumbu yang digunakan terkadang berbeda.

Ada opor kuning dan opor putih, tentu perbedaannya terletak pada kunyit yang membuat kuah opor menjadi kuning. Sedangkan opor putih tidak menggunakan kunyit. Dari segi rasa kedua jenis opor tersebut hampir sama. Selain itu ada pula yang mengganti ayam dengan bebek.

Baca Juga  Begini Cara Maksimalkan Tumbuh Kembang Anak Disabilitas Intelektual

4. Lemang

Lemang

Lemang merupakan makanan khas lebaran yang berasal dari Tanah Melayu. Makanan yang berbahan dasar beras ketan putih ini sangat akrab dengan momen lebaran di beberapa daerah.  Di Sumatra, lemang menjadi makanan khas beberapa daerah mulai dari Sumatra Utara, Sumatra Barat, Aceh, dan Lampung.

Ada pula lemang tapai, di mana lemang yang dibuat dari beras ketan putih ini ditambah lagi dengan fermentasi ketan merah atau tapai atau juga dikenal dengan nama tape. Lamang Tapai dalam Bahasa Minang ini adalah kuliner khas wilayah Tanah Datar seperti Tebing Tinggi. Karena ditambah dengan tapai, lemang ini memiliki cita rasa yang berbeda yaitu asam manis.

 

Lomba Menulis Artikel: Mengawal Tumbuh Kembang bersama Generos

Event - Hallo Bunda! Apakah Bunda mempunyai hobby atau bisa menulis? Pernah membeli Generos atau jadi konsumen Generos hingga saat ini? Dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional 22 Juli 2022 nanti, Kami mengajak Ayah dan Bunda yang telah berjuang bersama Generos...

Tes Minat Bakat Anak Sejak Dini, Perlukah?

Keluarga - Pernahkah Bunda merasa ingin bimbang ketika mengarahkan anak pada satu minat tertentu tapi takut tidak sesuai dengan bakatnya? Kegalauan ini mungkin banyak dialami oleh keluarga yang memilkik anak kecil hingga memasuki usia sekolah. Pilihan berbagai macam...

Nyata! Setelah Minum Generos Jadi (Lebih PD) Lancar Membaca

Tumbuh Kembang – Sebagai suplemen kecerdasan otak anak, Generos telah dipercaya oleh ribuan orang tua sebagai penunjang tumbuh kembang anak dalam memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Ternyata tidak hanya baik untuk membantu mengatasi speech delay saja, salah satu...

Kumpulan 5 Artikel Manfaat Generos beserta Khasiat Bahan-bahanya!

Nutrisi - Tahukah Bunda? kandungan protein dalam ikan sidat ternyata lebih tinggi daripada ikan salmon. Selain itu, ada manfaat lainnya ang tersembunyi dalam temulawak selain meningkatkan nafsu makan anak. Ternyata masih banyak manfaat Generos yang bisa diperoleh dari...