Waspada Hepatitis Akut pada Anak, Berikut Ciri-cirinya!

by | May 10, 2022 | Keluarga, Tumbuh Kembang

Tumbuh Kembang – Kementrian Kesehatan telah menyatakan ada 15 kasus hepatitis akut misterius telah ditemukan di Indonesia. Angka ini cukup menyita perhatian, terutama untuk orang tua di seluruh Indonesia. Rata-rata yang terkena hepatitis yang belum diketahui virus penyebabnya ini adalah anak-anak.

World Health Organization (WHO) pada 23 april 2022 telah menyatakan kejadian hepatitis akut ini dengan kejadian luar biasa, karena telah menyebar di beberapa negara di Eropa dan Amerika. Penyakit ini telah menyerang anak rentang usia 1 bulan sampai dengan 16 tahun.

Hepatitis merupakan peradangan hati yang disebabkan oleh berbagai virus menular dan tidak menular. Virus ini yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan, beberapa diantaranya bisa berakibat fatal. Terdapat lima jenis utama virus hepatitis, yang disebut sebagai tipe A, B, C, D dan E. Namun, hepaitits akut bukan berasal dari lima jenis virus hepatitis tersebut.

Asal Muasal Hepatitis Akut

Kasus ini bermula saat WHO pada 5 April 2022 mengumumkan adanya 10 kasus hepatitis akut yang menjangkit anak-anak di Inggris raya dengan usia dibawah 10 tahun. Selanjutnya pada 21 April 2022 telah ditemukan sebanyak 162 kasus hepatitis akut yang tridak diketahui asalnya telah ditemukan di 10 negara di dunia. Paling banyak terdapat di Inggiris raya dan Irlandia sebanyak  114 kasus. Hepatitis akut ini juga menyebar ke negara lainnya seperti Spanyol (13), Israel (12), Amerika Serikat (9), Denmark (6), Irlandia (< 5), Belanda (4), Italia (4), Norwegia (2), Prancis (2), Rumania (1), dan Belgia (1).

Baca Juga  Sejak Kenal Generos Kekhawatiranku Sirna

Sedangkan di Indonesia, Kemenkes melaporkan kasus pertama kali terdapat di Jakarta pada bulan Mei. Tiga anak dilaporkan meninggal dunia dengan dugaan penyakit hepatitis misterius ini. Ketiga anak yang terdeteksi ini sebelumnya telah mendapatkan perawatan intensif di RSCM Jakarta.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kesehatan Amerika dan Inggiris perihal ini. Kesimpulannya saat ini masih belum diketahui virus yang menyebabkan hepatitis akut. Penelitian masih dilakukan bersama-sama antara Indonesia sengan WHO dan bebeberapa negara lainnya untuk memastikan penyebab hepatitis akut ini,” Ujar Budi Gunawan Sadikin saat melakukan konferensi pers media (9/05)

Penyakit yang disebut hepatitis akut misterius disebabkan karena sampai saat ini belum diketahui virus yang terkait. Pengujian dari Hasil laboratorium di luar negeri tidak menunjukan jenis virus hepatitis tipe A, B, C, -D, dan E dalam kasus hepatitis akut yang menyerang berbagai negara akhir-akhir ini. Dilaporkan sebanyak 17 kasus hepatitis yang mendera anak-anak harus melakukan transplantasi hati.

waspada-hepatitis-akut-pada-anak-berikut-ciri-cirinya

Adenovirus pada hepatitis

Adenovirus telah terdeteksi dalam setidaknya 74 kasus dari jumlah kasus yang terdeteksi. Adenovirus adalah virus umum yang dapat menyebabkan gejala pernapasan atau muntah dan diare. Menurut Dr. Leandro Soares Sereno, Advisor Hepatitis akut dari Pan American Health Organization (PAHO) menjelaskan bahwa adenovirus memang jarang terjadi pada penyakit hepatitis, namun beberapa kasus juga dapat ditemukan pada hepatitis akut.

Baca Juga  Yuk Tetap Olahraga Saat Puasa! Simak Tips Ini

Gejala-gejala Hepatitis Akut

Terdapat berbagai gejala ringan hingga berat saat seseorang terkena hepatitis, bahkan ada yang tidak mengalami gejala. Umumnya, gejala yang timbul muncul setelah dua minggu sampai 6 bulan saat virus masuk ke dalam tubuh. Untuk gejala hepatitis akut, gejalanya mirip dengan penyakit flu ringan. Termasuk kelelahan, penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, nyeri sendi, mual dan muntah, sakit perut, kulit yang gatal, serta gejala sakit yang umum dialamu seseorang.

Adapun seseorang yang mengalami hepatitis kronis dapat mengalami beberapa gagal hati, diantaranya penyakit kuning, muntaber, dan pembengkakan pada tubuh. Untuk saat ini Kemenkes menghimbau orang tua jika anak mengalami muntah dan buang air besar berdarah, serta demam tinggi secara tiba-tiba segera memeriksakan anak ke dokter. Jika gejala ini terlanjur parah bisa ditangani dengan serius dan mencegah hepatitis akut ini.

Baca Juga  Makanan Lebaran dari Berbagai Daerah
Bagikan Ke

Manfaat Ikan Sidat, Ratu Gizi yang membuat Anak Cerdas

Nutrisi - Ketika melihat gambar di atas, apa yang Bunda bayangkan? Sebagian pasti akan menjawab hewan laut ini dengan belut. Namun, jika diperhatikan lebih teliti lagi, gambar tersebut memilki sedikit perbedaan dengan belut. Hewan yang hidup air itu disebut dengan...

7 Mitos dan Fakta Tentang Disabilitas Intelektual

Tumbuh kembang - Disabilitas intelektual hingga saat ini masih mendapatkan pandangan negatif pada masyarakat. Padahal, seseorang dengan penyandang disabilitas intelektual dapat melakukan aktivitas kegiatan seperti masyarakat pada umumnya. Stigma negatif ini diperparah...

Petani: Mengkudu Merupakan Magic Fruit

Nutrisi - Ayah dan Bunda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah mengkudu atau yang memiliki nama latin Morinda Citrifolia, meskipun biasanya buah tersebut sering diabaikan. Tahukah Ayah dan Bunda, buah ini memiliki banyak manfaat loh! Karena banyak manfaat tersebut,...

Bunda, Begini Cara Mencegah Hepatitis Akut

Tumbuh Kembang - Baru-baru ini muncul kasus hepatitis akut yang cukup mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, sudah terdapat lima anak di Indonesia yang dilaporkan meninggal dunia karena penyakit misterius tersebut. Penyakit ini menjadi perhatian WHO karena telah tersebar...

Tantrum pada anak, Termasuk Gejala Speech Delay?

Tumbuh Kembang – Tantrum pada anak merupakan salah satu bentuk ledakan emosi atau keinginan yang tidak bisa diungkapkan. Sehingga anak hanya bisa menangis atau marah saja. Ledakan emosi yang berlebihan ini kadang membuat kedua orang tuanya kewalahan karena tidak...