Manfaat Ikan Sidat, Ratu Gizi yang membuat Anak Cerdas

by | May 19, 2022 | Nutrisi, Tumbuh Kembang

Nutrisi – Ketika melihat gambar di atas, apa yang Bunda bayangkan? Sebagian pasti akan menjawab hewan laut ini dengan belut. Namun, jika diperhatikan lebih teliti lagi, gambar tersebut memilki sedikit perbedaan dengan belut. Hewan yang hidup air itu disebut dengan ikan sidat. Apakah Bunda sudah pernah mendengar tentang manfaat ikan sidat? Jika belum, mari kita kenalan dengan ikan yang dijuluki ratu gizi dan mempunyai manfaat untuk membuat anak cerdas.

Apa itu Ikan Sidat?

Jika Bunda menyukai sushi atau makanan jepang pasti sudah tak asing dengan yang namanya unagi. Yups unagi juga dikenal dengan nama lokal sebagai ikan sdiat. Ikan sidat berasal dari perairan tawar yang kemudian bermigrasi ke laut untuk bereproduksi. Ikan sidat sering kali dianggap mirip dengan belut, padahal ikan sidat mempunyai sirip yang menyerupai telinga.

Perlu Bunda ketahui, Indonesia menjadi salah satu pengekspor besar ikan sidat. Menurut Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan pada tahun 2019 – 2022 Indonesia menjadi eksportir nomor satu sidat di dunia dengan volume ekspor di atas 10.000 ton per tahun.

Baca Juga  Yuk Tanamkan Nilai Positif Pada Anak di Momen Lebaran

Kandungan Ikan Sidat

Kandungan ikan sidat sudah dikenal secara luas, terutama kandungan proteinnya. Protein dalam ikan sidat dapat mengalahkan kandungan protein dalam ikan salmon. Untuk ikan sidat yang terkandung dalam Generos yang merupakan jenis Anguilla bicolor bicolor, salah satu jenis ikan sidat dengan kadar protein cukup tinggi. Umumnya ikan memiliki kadar protein yang tinggi berkisar antara 15-20%.  Jenis A. bicolor bicolor mengandung berat rata-rata 300 g/ekor dengan kandungan protein 17,51%, lemak 17,72%, kadar air 62,36%, dan kadar abu 1,33%.

Penelitian lainya juga menjelaskan tentang komposisi dari A. bicolor bicolor yang terdiri dari asam amino, kandungan proksimat, asam lemak, dan vitamin A. Kandungan asam amino yang tinggi pada ikan di penelitian dapat dijadikan sumber pangan protein hewani potensial bagi masyarakat sebagai bahan untuk pemenuhan gizi sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga  Herbal: 4 Mitos dan Fakta tentang Obat Herbal

Kandungan lain pada ikan sidat yatiu Kadar asam lemak tak jenuh. Jurnal dari Institut Pertanian Bogor menyatakan bahwa kandungan asam kemak tak jenuh dari jenis A. bicolor bicolor mempunyai kandungan DHA. Dari DHA tersebut mempunyai manfaat untuk mendorong pertumbuhan rambut dan kulit, serta menjaga kesehatan tulang, metabolisme dan kesehatan reproduksi.

Berbagai Manfaat Ikan Sidat

Setelah Bunda mengetahui tentang kandungan ikan sidat yang kaya akan protein dan kandungan lainnya. Ternyata ikan sidat ini mempunyai manfaat untuk anak-anak yang tak kalah dengan sumber protein lainnya. Terdapat tiga asam lemak omega 3 yang dikenal sangat berperan dalam kesehatan manusia yaitu asam linolenat ALA, EPA dan DHA. Dokosaheksaaenoat (DHA) adalah asam lemak esensial yang sangat diperlukan untuk fungsi otak dan retina. Dokosaheksanoat merupakan salah satu struktur bangunan utama fosfolipid pada membran otak. Ikan sidat mengandung protein yang sangat tinggi, lebih baik daripada ikan salmon. Di sisi lain,  Penelitian juga menunjukkan asam-asam lemak esensial mampu mencegah penyakit jantung dan menjaga fungsi otak.

Baca Juga  Autisme pada Anak, Ini Terapi yang Tepat untuk Menanganinya

manfaat-ikan-sidat-untuk-anak

Selain itu, vitamin B1 dapat menjaga agar sistem saraf dan metabolisme dalam tubuh tetap sehat. Kandungan vitamin B1 pada ikan sidat 25 kali lebih baik daripada susu sapi, sedangkan vitamin B2 lebih baik 5 kali daripada susu sapi. Kandungan ini juga yang dapat meningkatkan fungsi otak dan kemampuan reprosuduk sel dalam tubuh.

ikan-sidat-generosPeternak Ikan Sidat asal Cilacap, Sugiyono telah bekerja sama dengan Generos sudah dari empat tahun yang menyatakan ikan sidat mempunyai kandungan yang baik untuk tumbuh kembang anak. Ikan sidat yang diproduksi menjadi bahan Generos berasal dari benih yang unggul dan selalu menjaga kualitas air agar ikan sidat bebas dari bakteri. Pembuatan ikan sidat hingga menjadi salah satu komposisi Generos dilakukan secara bertahap dan melewati berbagai uji agar terjamin kualitas dan keamanannya.

Lomba Menulis Artikel: Mengawal Tumbuh Kembang bersama Generos

Event - Hallo Bunda! Apakah Bunda mempunyai hobby atau bisa menulis? Pernah membeli Generos atau jadi konsumen Generos hingga saat ini? Dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional 22 Juli 2022 nanti, Kami mengajak Ayah dan Bunda yang telah berjuang bersama Generos...

Tes Minat Bakat Anak Sejak Dini, Perlukah?

Keluarga - Pernahkah Bunda merasa ingin bimbang ketika mengarahkan anak pada satu minat tertentu tapi takut tidak sesuai dengan bakatnya? Kegalauan ini mungkin banyak dialami oleh keluarga yang memilkik anak kecil hingga memasuki usia sekolah. Pilihan berbagai macam...

Nyata! Setelah Minum Generos Jadi (Lebih PD) Lancar Membaca

Tumbuh Kembang – Sebagai suplemen kecerdasan otak anak, Generos telah dipercaya oleh ribuan orang tua sebagai penunjang tumbuh kembang anak dalam memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Ternyata tidak hanya baik untuk membantu mengatasi speech delay saja, salah satu...

Kumpulan 5 Artikel Manfaat Generos beserta Khasiat Bahan-bahanya!

Nutrisi - Tahukah Bunda? kandungan protein dalam ikan sidat ternyata lebih tinggi daripada ikan salmon. Selain itu, ada manfaat lainnya ang tersembunyi dalam temulawak selain meningkatkan nafsu makan anak. Ternyata masih banyak manfaat Generos yang bisa diperoleh dari...