Khasiat Temulawak untuk Anak Susah Makan

by | Jun 3, 2022 | Nutrisi, Tumbuh Kembang

Nutrisi – Saat ini, masyarakat sudah mulai peka terhadap bahan-bahan herbal untuk menunjang kesehatan tubuh. Tren organik atau back to nature yang semakin masif di kalangan masyarakat membuat kita tidak hanya terpaku pada obat-obatan kimia. Apalagi Indonesia termasuk negara penghasil tanaman obat yang cukup banyak.

Sehingga mudah sekali untuk mendapatkan bahan herbal di sekitar yang baik untuk kesehatan, termasuk temulawak. Khasiat temulawak terkenal bisa menambah nafsu makan anak. Benarkah pernyataan ini?

Temulawak atau dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza merupakan rimpang yang masih berkerabat dengan kunyit. Rimpang yang juga disebut dengan kunyit Java ginger bisa tumbuh subur pada tanah yang gembur dan dataran rendah. Sejak zaman dulu, temulawak sudah dikenal memilki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Senyawa dalam Temulawak

Temulawak mempunyai beberapa kandungan senyawa yang dapat meningkatkan nafsu makan pada anak. Senyawa tersebut ialah kurkumin. Kurkumin merupakan senyawa dari golongan pelifenol yang bersifat anti oksidan, anti radang, dan anti bakteri. Kurkumin juga berperan sebagai meredakan perdangan pada saluran pencernaan.

Baca Juga  Kenali Faktor Penyebab Speech Delay pada Anak

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak C. xanthorrhiza yang diuji memiliki aktivitas anti oksidan yang relatif aktif. Selain kurkumin, temulawak juga kaya akan kandungan flavonoid yang mampu meningkatkan rangsangan otak dan nafsu makan pada anak. Oleh sebab itu, khasiat temulawak dapat melakukan pengosongan pada lambung dan mengirimkan sinyal pada saraf otak sehingga timbul nafsu makan pada anak.

Hal ini semakin didukung dari penelitian dari Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Yogyakarta yang memberikan sari temulawak pada 10 anak selama dua minggu. Hasilnya 8 dari 10 anak mengalami perubahan nafsu makan atau peningkatan nafsu makan. Anak-anak yang mengalami perubahan tersebut berkisar usia  3 sampai 4 tahun.

Selain itu, terdapat anti mikroba pada temulawak. Kemampuan anti mikroba dapat berfungsi karena kandungan senyawa fenoliknya terutama xanthorrhizol dan kurkuminoid sebagai bahan utamanya. Ekstrak rimpang C. xanthorrhiza , xanthorrhizol murni, dan minyak atsirinya terbukti berpotensi menghambat atau membunuh mikroba patogen. seperti penyakit bawaan makanan, plak gigi, penyakit kulit, penyakit menular, pneumonia, TBC, nekrosis pulpa, diare, tifus, jerawat

Baca Juga  Autisme pada Anak, Ini Terapi yang Tepat untuk Menanganinya

Senyawa fenolik juga dilaporkan memiliki aksi penghambatan pada dinding sel atau membran mikroba dengan mengubah kemampuan selnya. Berbagai penelitian lain telah menunjukkan bahwa C. xanthorrhiza mengandung berbagai terpenoid. Senyawa ini berfungsi untuk bidang farmasi sebagai anti mikroa mupun senyawa anti tumor.

Khasiat Temulawak

Setelah mengetahui berbagai senyawa yang terdapat dalam temulawak. Memang tidak hanya ada satu atau dua khasiat temulawak untuk tubuh. Banyak manfaat yang bisa didapat dari buah ini, seperti mampu mencegah bakteri jahat yang bisa menyerang kekebalan tubuh manusia. Curcuma telah melewati proses uji kemanjuran obat secara in vivo yang menunjukan dapat mencegah beberapa tipe kanker, seperti kanker prostast, payudara, kulit, dan usus besar.

khasiat-temulawak-untuk-anak

Temulawak

Hal ini disebabkan karena Curcuma mengandung anti oksidan yang kuat dan melindungi sel dari kerusakan. Peneliti dari Jepang, Yamazaki menjelaskan bahwa zat germakron yang terdapat di temulawak berfungsi meningkatkan fungsi syaraf pusat. Selain Curcuma, terdapat senyawa germakron yang telah dipatenkan. Germakron berfungsi sebagai anti radang dan menghambat pembengkakan

Khasiat Temulawak dalam Generos

Generos merupakan suplemen yang diramu dari 5 bahan alami, yaitu ikan sidat, madu hutan, pegagan, mengkudu, dan tentunya temulawak. Kelima bahan tersebut saling bersinergi untuk membantu proses tumbuh kembang anak Bunda secara optimal. Oleh sebab itu, salah satu bahan herbal dalam Generos, temulawak dapat meningkatkan nafsu makan pada anak. Kepercayaan orang tua terhadap bahan alami satu ini membuat kami meyakini bahwa khasiat temulawak dapat bekerja secara aktif dalam tubuh anak.

Baca Juga  Yuk Tanamkan Nilai Positif Pada Anak di Momen Lebaran

Senyawa-senyawa yang terkandung dalam temulawak bisa dikombinasikan dengan senyawa dari empat bahan herbal lainnya yang terdapat pada Generos. Jika bunda ingin mengetahui manfaat masing-masing bahan herbal Generos dan manfaatnya untuk anak, Bunda bisa membaca artikel berikut :

Kandungan Generos

Kandungan Generos

Tidak perlu menunggu lebih lama lagi Bunda! Yuk ketahui produk kami dan rasakan manfaatnya untuk si Kecil. Jika Bunda masih ragu-ragu, silahkan menghubungi careline yang ada di website ini ya!

.

 

Lomba Menulis Artikel: Mengawal Tumbuh Kembang bersama Generos

Event - Hallo Bunda! Apakah Bunda mempunyai hobby atau bisa menulis? Pernah membeli Generos atau jadi konsumen Generos hingga saat ini? Dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional 22 Juli 2022 nanti, Kami mengajak Ayah dan Bunda yang telah berjuang bersama Generos...

Tes Minat Bakat Anak Sejak Dini, Perlukah?

Keluarga - Pernahkah Bunda merasa ingin bimbang ketika mengarahkan anak pada satu minat tertentu tapi takut tidak sesuai dengan bakatnya? Kegalauan ini mungkin banyak dialami oleh keluarga yang memilkik anak kecil hingga memasuki usia sekolah. Pilihan berbagai macam...

Nyata! Setelah Minum Generos Jadi (Lebih PD) Lancar Membaca

Tumbuh Kembang – Sebagai suplemen kecerdasan otak anak, Generos telah dipercaya oleh ribuan orang tua sebagai penunjang tumbuh kembang anak dalam memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Ternyata tidak hanya baik untuk membantu mengatasi speech delay saja, salah satu...

Kumpulan 5 Artikel Manfaat Generos beserta Khasiat Bahan-bahanya!

Nutrisi - Tahukah Bunda? kandungan protein dalam ikan sidat ternyata lebih tinggi daripada ikan salmon. Selain itu, ada manfaat lainnya ang tersembunyi dalam temulawak selain meningkatkan nafsu makan anak. Ternyata masih banyak manfaat Generos yang bisa diperoleh dari...