fbpx

Jelang Masuk Sekolah, Yuk Jaga Imun Tubuh Anak dengan 5 Cara Ini

by | Jul 12, 2023 | Keluarga, Nutrisi

generos.id – Sekolah akan dimulai kembali, para Bunda harus membuat persiapan agar bisa menjaga sistem imun si Kecil saat sudah mulai aktif dalam beraktivitas.

Pada dasarnya, anak-anak akan rentan sekali terpapar dengan berbagai penyakit karena sistem kekebalan tubuh anak belum sempurna. Karena sistem imunnya baru saja terbentuk.

Maka dari itu orang tua perlu memberikan pencegahan agar si Kecil tidak mudah terserang penyakit.

Terutama, karena sebentar lagi liburan telah usai dan kegiatan belajar-mengajar akan dimulai kembali secara tatap muka sehingga menjaga imun tubuh menjadi sangat penting.

Ketika anak-anak usia sekolah kembali melangkahkan kaki untuk menempuh ilmu, banyak dari orang tua yang akan sibuk untuk meredam kekhawatirannya.

Meski saat ini pembelajaran di sekolah masih menerapkan protokol kesehatan yang ketat, tetap saja kekhawatiran orang tua pada sang buah hati akan terus ada.

Salah satu yang bisa dilakukan Bunda adalah dengan menjaga sistem imun anak semaksimal mungkin sebelum kembali beraktivitas di sekolah.

Tak hanya itu saja, anak juga harus diberi edukasi sejak dini untuk menerapkan perilaku hidup yang bersih dan sehat, agar tak gampang terserang penyakit.

Seperti halnya, melakukan aktivitas positif rajin mencuci tangan, mandi setelah berpergian, selalu meminum vitamin untuk menjaga imun tubuh, dan lain-lain.

Baca Juga  5 Tips Kebutuhan Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Anak

Bunda bisa saja menjaga sistem imun pada anak-anaknya dengan mengatur pola makan, menerapkan standar kebersihan, dan mengatur pola istirahat yang cukup pada si Kecil.

Namun, tak hanya sampai di situ saja, masih banyak lagi yang bisa Bunda persiapkan untuk bisa menjaga anak agar tetap sehat. Simak sampai habis ya!

5 Persiapan Menjaga Imun si Kecil

5 Persiapan Menjaga Imun si Kecil

Menjaga Imun si Kecil yang Mulai Masuk Sekolah

Sistem imun adalah salah satu fungsi tubuh yang amat penting, pasalnya tanpa hal tersebut si Kecil akan mudah sekali jatuh sakit akibat virus, bakteri, dan kelainan tertentu.

Bisa juga disebut sebagai sistem kekebalan tubuh. Fungsinya harus dijaga dengan baik agar bisa melindungi anak dari berbagai penyakit.

Sistem ini merupakan sekelompok sel, protein, jaringan, dan organ khusus yang bekerja sama melawan segala hal yang berbahaya bagi tubuh.

Tak hanya itu saja, sistem ini terdiri dari banyaknya komponen, mulai dari sel hingga organ, salah satu jenis sel yang paling penting dalam jaringan tersebut.

Baca Juga  Autisme Pada Anak, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Berikut persiapan yang Bunda bisa contoh untuk tetap menjaga sistem kekebalan tubuh si Kecil, di antaranya:

1. Menerapkan Standar Kebersihan

Anak harus bisa diajak untuk memiliki standar kebersihan saat si Kecil kembali menempuh kegiatan belajar.

Karena salah satu cara untuk menghindarkan anak mudah terserang penyakit adalah dengan mengajari anak menjaga kebersihan dirinya sendiri.

Hal tersebut bertujuan agar si Kecil terhindar dari faktor-faktor risiko terkena virus maupun bakteri yang menyebar dari tangan maupun anggota tubuh lain yang kotor. Karena ini bisa menyebabkan sakit.

Seperti mengajari anak dengan rajin dalam mencuci tangan, atau bisa juga menggunakan hand sanitizer sesering mungkin.

2. Imunisasi Lengkap 

Imunisasi pada anak ini bisa meningkatkan sistem imun anak secara jangka panjang, dan bisa menghindari dari penyakit yang tidak diinginkan.

Ketika si Kecil terhindar dari berbagai penyakit, maka sistem kekebalan tubuh akan terus terjaga dengan baik dan optimal.

3. Beri Menu Makan yang Bernutrisi Seimbang

Dalam menjaga sistem kekebalan tubuh anak, si Kecil harus mendapatkan nutrisi yang seimbang pada tubuhnya.

Hal tersebut merupakan tugas bagi para Bunda, untuk memberikan asupan makanan yang sehat dan juga bernutrisi untuk sang buah hatinya.

Baca Juga  Nyata! Setelah Minum Generos Jadi Lebih PD dan Lancar Membaca

Selain daging-dagingan, yang harus diperbanyak adalah jumlah sayuran dan buah yang berwarna.

Buah dan sayuran berwarna banyak mengandung vitamin A, C, dan D, juga zinc.

Semuanya itu adalah komponen yang berperan dalam menopang sistem kekebalan dan melawan infeksi.

4. Istirahat yang Cukup

Selain mengatur pola makan, atur pula jadwal tidur si Kecil agar ia mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Ketika tidur, tubuh akan memperbaharui sel-sel tubuh yang rusak atau sakit. Jadi tidur sangatlah penting dalam proses melawan infeksi atau bisa menyembuhkan diri dari penyakit.

5. Rajin Mengonsumsi Generos

Saat ini mengingat cuaca yang tak menentu di musim pancaroba ini, mengonsumsi Generos menjadi alternatif dalam menjaga imun tubuh anak.

Diketahui, dalam produk Generos terdapat kandungan vitamin yang tidak usah diragukan lagi, oleh Bunda-Bunda.

Bahan alami yang terdapat dalam Generos bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak, salah satunya yaitu madu hutan.

Madu hutan kaya akan antioksidan, vitamin B1 dan B2, vitamin E, dan vitamin K yang bagus untuk kesehatan tubuh si Kecil.

Madu hutan memiliki peran sebagai antioksidan alami dan inilah yang bisa menjaga imun tubuh. Karena antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

Maka dari itu Bunda, bisa rajin memberikan Generos untuk menjaga kekebalan tubuh si Kecil, dan agar tidak mudah terserang penyakit yang bisa menghambat aktivitas belajar anak.