fbpx

5 Tips Kebutuhan Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Anak

by | Mar 8, 2022 | Nutrisi, Tumbuh Kembang

Nutrisi – Perkembangan anak tidak hanya dari stimulasi atau kegiatan yang dapat menunjang fisik anak. Tetapi perlu memerhatikan nutrisi anak agar menunjang perkembangan dari dalam. Tentunya, orang tua harus mengetahui zat gizi yang terkandung di setiap makanan anak. Maka, penting sekali untuk memerhatikan secara detail kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang anak.

Kebutuhan Nutrisi untuk anak memang sudah harus diperhatikan sejak dini. Tetapi akan lebih baik untuk memerhatikan kebutuhan nutrisinya saat anak memasuki usia emas. Menurut berbagai studi, stimulasi nutrisi paling utama ada saat anak memasuki usia golden age, karena saat usia tersebut paling berperan untuk status kesehatan anak ke depannya.

Lalu, bagaimana peran orang tua untuk memaksimalkan kebutuhan nutrisi anak saat masa emasnya?

5 Kebutuhan Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Anak

Penuhi Nutrisi Zat Gizi Makro dan Makro

Dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi anak, dibutuhkan gizi dasar.. Ada zat gizi makro dan gizi mikro. Makro berkaitan dengan karbohidrat, protein,  dan lemak (lemak jenuh dan tak jenuh). Karbohidrat bisa diperoleh dari kentang dan umbi-umbian. Sumber protein dapat dengan mudah didapat , terutama dari bahan makanan seperti daging merah, ikan, ayam, unggas, telur, produk susu, kerang-kerangan, tiram, atau makanan laut.

Baca Juga  Ini Alasan Mengapa Main Air Bermanfaat untuk Anak

Sedangkan untuk makanan yang mengandung lemak adalah asam lemak omega 3 dan omega 6. Kamu bisa mendapatkan omega 3 dari bahan makanan seperti minyak ikan, telur, dan walnut. Sementara omega 6 bisa ditemukan di berbagai minyak sayur. Sedangkan gizi mikro adalah aneka vitamin A B C, dan lain sebagainya. Kemudian aneka mineral, zat besi, dan zink,

Kebutuhan Nutrisi dengan MPASI

MPASI adalah makanan pendamping ASI artinya diberikan selama anak masih mendapatkan ASI yaitu sampai dengan 2 tahun. ASI ekslusif bisa terus diberikan sampai anak berusia 6 bulan. Selanjutnya anak diselingi dengan MPASI sampai umur 2 tahun. Tentunya bertambahnya umur anak ada yang perlu orang tua perhatikan kebutuhan nutrisinya.

Ayah dan Bunda di rumah bisa memerhatikan MPASI sesuai umur yang ada di buku panduan KIA atau pedoman dari Kemenkes. Contohnya, anak usia 8-10 bulan sudah bisa diberikan bubur tim. Setelah usia di atas 11 bulan mulai diberikan makanan dengan tekstur padat seperti nasi. Sampai  anak berumur 3 tahun, anak sudah mulai bisa mengonsumsi makanan keluarga.

Baca Juga  Autisme pada Anak, Ini Terapi yang Tepat untuk Menanganinya

Setiap pertambahan umur anak dibutuhkan gizi seimbang, makanan dengan aneka ragam yang pas, porsinya sesuai setiap usia, jumlah kebutuhan nutrisinya pas, dan frekuensinya yang tepat di setiap usia anak.

Kenalkan Anak Tekstur Makanan Sejak Dini

Tekstur MPASI (makanan pendamping asi) setelah anak berusia 6 bulan sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan bayi. Maka harus ditambah dengan MPASI sampai anak umur 2 tahun. Setelah itu, anak bisa diberikan tekstur makanan yang terus meningkat.

5-tips-kebutuhan-nutrisi-untuk-tumbuh-kembang-anak

5 Tips Kebutuhan Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Anak

Mulai dari makanan dengan tekstur cair (ASI), lanjut menjadi makanan lunak atau lembek yang dapat bersifat bubur. Kemudian bertahap naik usia 8 sampai 11 bulan meningkat dengan makanan tekstur itu masih lunak, tetapi seperti nasi tim. Kemudian tekstur kasar seperti mencincang makanan. Kemudian usia 12 bulan anak sudah mulai memberikan makanan dewasa dengan tekstur padat.

Nutrisi untuk Anak Speech delay

Seperti anak pada umumnya, tentunya kebutuhan nutrisi anak yang mengalami speech delay harus memenuhi kebutuhan nutrisi dasarnya. Dasar-dasar kebutuhannya yaitu karbohidrat, protein, lemak, makronutrien dan mikronutrien, dan vitamin mineral.

Kebutuhan untuk anak speech delay harus lebih menguatkan kecukupan omega-3 dan omega-3 DHA. Omega 3 dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan menurunkan sifat agresif pada anak agar lebih fokus. Jika anak mengalami keterlambatan bicara karena gangguan neurologis, bisa diberikan vitamin B complex yang bermanfaat untuk kemampuan syaraf bekerja dalam tubuh anak-anak

Baca Juga  Upaya Pencegahan Down Syndrome, Bunda Wajib Tahu!
Namun, Ayah dan Bunda tentu harus konsultasi kepada ahlinya, seperti dokter anak. Tanyakan kondisi anak dan konsultasikan nutrisi yang tepat untuk anak yang mengalami keterlambatan bicara. Selain itu, mencari referensi yang tepat dan stimulasi yang sesuai dengan anak.

Vitamin Generos sebagai Nutrisi tambahan

Selain melengkapi kebutuhan nutrisi anak secara mendasar. Kebutuhan nutrisi anak selama aktivitasnya meningkat perlu membutuhkan suplemen tambhana. Namun sesuai anjuran setelah mengonsultasikan ke ahlinya. Vitamin Generos menggunakan bahan-bahan alami yang terjamin aman, sehat, halal, serta tidak menimbulkan ketergantungan meski dikonsumsi setiap hari.

Selain itu, pemberian vitamin Generos pada anak sangat mudah, karena bentuknya cair, mudah larut, dan dapat dicampurkan ke dalam makanan atau minuman kesukaan anak. Dengan segala kebaikan tersebut, maka Generos sangat bagus untuk menunjang perkembangan anak-anak, terutama yang mempunyai masalah keterlambatan bicara, gangguan belajar, dan ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder/ ADD (Attention Deficit Disorder).

 

Perhatian! Ini 4 Ciri Kemasan Baru Generos

Ayah Bunda perlu mengetahui bahwa pada masa emas anak membutuhkan nutrisi yang optimal agar proses tumbuh kembangnya juga berjalan dengan optimal. Tetapi, untuk mengetahui secara pasti jenis dan berapa jumlah nutrisi yang dibutuhkan, perlu untuk menyesuaikannya dengan...

Bun, Ini 7 Dampak Obesitas Terhadap Perkembangan Otak Anak

Saat ini, banyak orang mengalami obesitas bahkan ini juga dialami anak-anak yang notabene masih dalam masa tumbuh kembang. Jika obesitas sangat berbahaya bagi orang dewasa, tentu ini juga membahayakan anak-anak, bahkan dampaknya lebih jauh lagi. Karena dikatakan...

Si Kecil Terlambat Bicara? Yuk Ketahui Penanganan yang Tepat

Speech delay adalah salah satu jenis gangguan komunikasi pada anak. Secara umum, arti speech delay  merupakan keterlambatan perkembangan dalam berbicara jika dibandingkan dengan kebanyakan anak-anak lain. Kondisi ini terjadi ketika anak belum mencapai tahapan...

Bunda, Ini Perbedaan 8 Jenis Gangguan Kemampuan Bicara Anak

Anak merupakan pelengkap kebahagiaan sepasang suami istri yang telah menikah. Kehadiran anak menjadi aset paling berharga yang perlu dijaga dan dirawat oleh orang tua. Bagi orang tua yang hadir sepenuhnya dalam mendidik dan merawat si Kecil tidak akan melewatkan masa...