fbpx

Anak Susah Makan Buah? Coba 3 Resep Cemilan Buah Berikut

by | Jul 1, 2022 | Nutrisi

Nutrisi – Orang tua pasti memikirkan segala cara untuk memenuhi asupan gizi anak mulai dari bayi hingga usia golden age. Mulai dari makro hingga mikro nutriennya. Tapi tak jarang asupan gizi yang ang sudah diberikan oleh orang tua sering ditolak anak itu sendiri. Termasuk banyak anak susah makan buah. Yang akhirnya bikin Bunda bingung dan memikirikan segala cara agar anak menyukai hidangan yang Bunda buat.

Tapi pernah gak sih berpikir mungkin saja anak jadi susah makan buah karena bentuknya tidak menarik atau rasanya yang masih asing di lidah mereka? Kalau sudah seperti ini, mungkin saja anak suka dengan buah, tetapi tidak mau karena tampilan yang tidak menarik. Jika anak kurang mengonsumsi buah, akibatnya mereka akan kekurangan gizi dalam tubuh. Oleh sebab itu, segala cara dilakukan oleh Bunda untuk mengkombinasikan buah agar anak suka.

5 Rekomendasi untuk Anak Susah Makan Buah

  • Alpukat

Seperti yang kita ketahui, buah alpukat banyak dijadikan resep MPASI untuk anak, bahkan untuk camilan. Ditambah alpukat memilki vitamin E yang tinggi. Rahasia umum lainnya ialah kandungan lemak baik dalam alpukat yang dapat melindungi sel dari kerusakan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Jadi buat anak sulit makan buah akan merasa mudah sakit jika mereka tidak mau menyantapnya

  • Apel

Selain alpukat, ternyata apel juga menyimpan banyak vitamin yang dapat membuat anak tetap sehat dan kuat. Kandungan apel yang kaya akan vitamin C dapat membaut anak terhindar dari gangguan penglihatan.

  • Pepaya

Mungkin sebagian menganggap bahwa buah ini sedikit “lembek” sehingga tidak disukai banyak anak. Padahal Bunda semua tahu bahwa pepaya sangat bagus untuk melancarkan pencernaannya. Selain itu vitamin A yang terkandung dalam pepaya juga membantu meningkatkan penglihatan anak agar mata mereka tetap sehat.

  • Mangga

Siapa yang tidak suka dengan buah ini? Rasanya yang manis apalagi mudah didapatkan di Indonesia ini mungkin bisa disukai oleh anak Bunda lho! Tak hanya enak, buah mangga juga mengandung vitamin A yang tinggi yang setara dengan 45%. Artinya, hanya dengan mengonsumsi buah mangga satu dalam sehari sudah memenuhi asupan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan anak.

  • Labu

Bisa dibilang labu jadi salah satu menu wajib dalam MPASI anak. Labu kuning mengandung beta aroten yang tinggi sehingga dapat mencegah penyakit tertentu, seperti penyakit sma, jantung, dan kanker.

rekomendasi-buah-untuk-anak

Ketika anak susah makan buah, apalagi masih berusia di bawah satu tahun. Bunda bisa mencampurkan dengan susu. dr. Deva Putrianne menjelaskan bahwa pure buah bisa dicampur dengan susu, umumnya ASI atau sufor. Namun, perlu diingat bahwa ASI tidak boleh dipanaskan suhu terlalu tinggi. Maka, buah hanya dicampurkan dengan ASI agar kandungan nutrisi dalam buah tidak berkurang.

Baca Juga  Bunda Wajib Tahu! Ini Pentingnya Pemberian MPASI untuk Tumbuh Kembang si Kecil
Baca Juga  5 Tips Kebutuhan Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Anak

Resep Snack untuk Anak Susah Makan Buah

Sudah tau tentang buah yang baik untuk tumbuh kembang anak, Bunda bisa coba beberapa resep  agar anak menyukai buah. Berikut resep yang bisa Bunda coba di rumah:

  1. Resep Buah MPASi

Agar anak menyukai buah, tentunya Bunda harus membiasakan anak makan buah sejak dini, sejak anak mengenal MPASI. Dengan begitu, anak sudah terbiasa dengan rasanya. Bunda bisa memilih buah alpukat dan pisang sebagai pengenalan mereka terlebh dahulu. resep yang bisa dicoba diantaranya:

Resep 1 : Pure Pepaya Pisang

  • Bahan :
    25 gr pepaya
    50 gr Pisang
    20 ml ASI Perah
  • Cara Membuat :
    1. potong dan haluskan pepaya dan campurkan dengan pisang yang telah dihaluskan
    2. Campur denan ASI perah yang telah disajikan

Resep 2 : Bola Ubi Pisang

  • Bahan :
    1 Buah pisang
    150 gr Ubu
    3 sendok makan ASI perah
  • Cara membuat :
    1. Kukus Ubi sekitar 25 menit
    2. Haluskan ubi dengan pisang. Lalu campurkan dengan ASI perah
    3. Bentuk menjadi bola-bola

Resep 3 : Salad Buah

  • Bahan :
    Potongan buah Apel, Mangga, mangga, pepaya, stroberi secukupnya
    3 sendok makan mayonaise
    3 sendok makan Yoghurt
    1 sendok makan Susu kental manis
  • Cara membuat :
    1. Potong semua buah dan sajikan ke dalam mangkuk. Masukan ke dalam kulkan kurang lebih 30 menit
    2. campurkan potongan buah dengan mayonaise, yoghurt, dan susu kental manis
    3. tambahkan sedikit parutan keju sebagai topping
    4. Salad buah yang segar siap dihidangkan untuk anak

Bunda bisa mencoba finger food yang banyak manfaatnya untuk anak. Baca artikel berikut tentang finger food .

Jangan Sampai Tidak Tahu! Ini 8 Penyebab Tantrum Pada si Kecil

GENEROS.ID - Mengatasi tantrum pada sang buah hati memang tidak mudah, selain butuh kesabaran ekstra, diperlukan waktu dan perhatian lebih agar Ibu dan Ayah dapat mencermati berbagai kemungkinan penyebabnya. Mungkin Bunda dan Ayah juga akan merasakan jengkel jika sang...