fbpx

Cara Terapi Wicara di Rumah untuk Anak

by | Feb 8, 2022 | Tumbuh Kembang

Semua orang tua menginginkan anaknya tumbuh sesuai dengan perkembangan anak seusianya. Namun, bagaimana jika anak mengalami keterlambatan bicara. Apa yang harus orang tua lakukan? Haruskah Terapi wicara di rumah?

Setelah orang tua mengetahui anak terlambat bicara, salah satu penangan yang bisa dilakukan adalah terapi wicara. Terapi wicara adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku komunikasi yang normal sama abnormal dan dipergunakan untuk memberikan terapi pada penderita perilaku gangguan komunikasi. Terapi wicara menjadi salah satu metode untuk penanganan anak-anak yang mengalami speech delay. Terapi wicara tak hanya dilakukan di tempat terapi anak, namun orang tua perlu memberikan stimulus wicara saat anak di rumah. Bunda bisa melaukan metode terapi wicara di rumah untuk anak. Tentunya metode ini mudah dan hemat lho!

Metode Terapi Wicara Parent based language intervention

Istilah Parent based language intervention umumnya belum banyak diketahui oleh para orang tua. Namun, dengan perkembangan igital saat ini, metode bisa digunakan untuk terapi wicara anak. Secara umum parent based language intervention adalah sebuah metode yang menjadikan orang tua sebagai speech terapis. Orang tua akan mencari silabus materi yang harus dipraktikkan di rumah bersama anak, terutama pada anak yang mengalami keterlambatan bicara.

Baca Juga  Upaya Pencegahan Down Syndrome, Bunda Wajib Tahu!

Terdapat rangkaian dalam terapi wicara yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi sesuai dengan usianya, sehingga orang tua perlu mengetahui kemampuan yang harus dimiliki anak sesuai dengan usianya. Misalkan saat anak berusia empat tahun tapi belum bisa bicara jelas atau mengalami keterlambatan, maka orang tua dapat membantu anak dengan metode wicara parent based language intervention.

Cara Melakukan Metode Parent Based Language Intervention

Umunya, orang tua perlu pembekalan dengan terapis wicara anak yang akan membentuk kelompok bersama orang tua lainnya. Para orang tua yang ingin melakukan metode ini dapat menghubungi speech terapis yang nantinya dapat dipraktikkan di rumah. Orang tua juga akan diajarkan mengenai strategi spesifik untuk meningkatkan interaksi dengan balita. Dari pelatihan tersebut oarng tua diharapkan dapat menguasai materi terapi wicara anak yang disampaikan dan dapat berinteraksi dengan anak di rumah.

Baca Juga  Waspada, Speech Delay Pengaruhi Akademik Anak, loh!

Orang tua memiliki peran penting dalam pelaksanaan parent based language intervention. Jika ingin metode terapi wicara anak ini berhasil, perlu stimulus yang rutin. Pertama, latihan, misalnya pada anak yang belum jelas berbicara orang tua dapat melatih pelafalan kata yang benar dan dapat mengulangi latihan, memberi pelatihan kepada anak sembari bermain, dan jika anak berhasil melakukannya dapat diberikan hadiah.

Kedua, jauhkan berbagai macam gangguan saat terapi wicara anak seperti game, TV dan HP, karena akan mengganggu konsentrasinya. Ketiga, sabar dalam setiap terapi wicara. Keempat, metode bermain dengan sedotan, dengan cara menyedot cairan atau menghembuskan udara dapat membantu kekuatan otot pada anak supaya ucapan anak jelas, metode ini dapat dilakukan pada permaian memasukkan bola pingpong ke gawang dengan meniupnya melalui sedotan. Melakukan terapi wicara pada anak di rumah tentunya harus selalu didiskusikan pada ahlinya agar dilaksanakan sesuai dengan keterampilan anak.

Cegah Speech Delay dengan Sering Berinteraksi dengan Anak

Cegah Speech Delay dengan Sering Berinteraksi dengan Anak

Vitamin Saat menemani Anak Terapi Wicara di Rumah

Saat melakukan terapi wicara di rumah, tentunya Bunda harus memberikan stimulus dari luar maupun dalam. Tentunya dalam proses terapi wicara, bunda bis memberikan nutrisi yang terbaik untuk anak. Selain memberikan anak makanan dengan kandungan gizi yang baik dari lauk, sayuran, dan buah-buahan. Bunda bisa menambahkan anak dengan suplemen anak yang baik dalam membantu anak lancar bicara. Salah satunya dengan Vitamin Generos.

Baca Juga  Perhatikan Para Bunda! Ini Beda Speech Delay dan Autis pada Anak

Vitamin Generos membantu mengatasi gangguan speech delay atau terlambat bicara, anak autis, dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Cara kerja Generos dengan membantu merangsang saraf verbal anak untuk lancar bicara. Selain itu, Generos juga menutrisi perkembangan kecerdasan pada anak. Kandungan Generos terbuat dari bahan-bahan alami yaitu ikan sidat, pegagan, madu hutan, mengkudu, dan temulawak. Vitamin Generos dengan kemasan premium ini bisa Bunda dapat di Official store yang ada di website ini ya.