fbpx

Fakta Menarik Manfaat Al-Qur’an untuk Kecerdasan Otak

by | Apr 20, 2022 | Keluarga

Keluarga – Bunda, sebagai orang tua pasti menginginkan anak yang cerdas. Segala berbagai cara kita lakukan agar anak cerdas secara akademik atau non akademik. Tetapi, tahukah Bunda? ada satu cara yang dapat meningkatkan kecerdasan otak anak yaitu dengan Al Quran.

Sebagai umat muslim kita mengetahui bahwa Al Quran merupakan pedoman hidup di dunia. Maka, sudah sepatutnya sebagai manusia kita tidak hanya membaca, melainkan mencintai dan mengamalkan Al Quran. Apalagi bulan Ramadhan seperti ini yang membuat kita berlomba-lomba untuk khataman al quran.

Selain mendapatkan pahala, al quran ternyata mempunyai banyak manfaat khusus nya untuk otak manusia. Banyak penelitian menyatakan bahwa mendengarkan sampai menghafalkan Al-Qur’an mampu meningkatkan kecerdasan otak dari segi memori hingga meningkatkan kognitif anak.

Lalu apa saja fakta menarik manfaat Al-Qur’an untuk kecerdasaan otak anak?

Membaca Al Quran dapat Meningkatkan Kapasitas Memori

Memori merupakan salah satu bagian penting dari manusia. Memori memuat banyak hal yang berkaitan dengan identitas diri, interaksi sosial, ilmu pengetahuan, bahkan untuk mengerjakan sesuatu. Mengingat fungsi penting dari memori, pasti banyak manusia yang  mencari berbagai cara untuk meningkatkan kapasitas memori.

Baca Juga  Biar nggak Burnout, Yuk Terapkan Mindfulness!
Jurnal Psikologi dari Universitas Gajah Mada menyimpulkan saat seseorang membaca Al-Qur’an, otak menunjukkan ada aktivitas berpikir, aktivitas berpikir yang melibatkan emosi dan ada aktivitas ke-Tuhanan Penelitian ini menggunakan alat Electroencephalography (EEG) untuk mendeteksi gelombang otak manusia saat membacakan surat Surat Al Fatihah ayat 1-7, Surat Thaha ayat 114 dan Al Baqarah ayat 225 atau ayat kursi.

Al-Qur’an dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak

Sudah seperti rahasia umum, mendengarkan musik klasik untuk anak dapat meningkatkan IQ maupun EQ. Hal ini berkaitan ritme musik klasik memengaruhi denyut nadi yang dapat berperan dalam perkembangan otak bahkan raga manusia. Ternyata tidak hanya musik klasik, Al-Qur’an juga dapat memengaruhi kecerdasan anak.

Baca Juga  Jangan Dilewatkan ya! Ini Pentingnya Vitamin Otak untuk Anak

Fakta-menarik-manfaat-al-Qur'an-untuk-kecerdasan-otakMelantunkan murotal Al-Qur’an dengan tartil yang benar terntara lebih mampu memberikan pengaruh lebih baik daripada musik klasik. Menurut Ahra ar-Razi menjelaskan stimulasi lantunan ayat suciAl-Qur’an mampu merangsang syaraf otak anak mulai dari IQ, EQ, dan SQ. Tidak hanya terjadi saat masa golden agen anak, Al-Qur’an juga punya pengaruh besar dalam membentuk kecerdasan otak pada janin. Hal ini akibat gelombang bacaan Al-Qur’an mampu memprogram ulang sel-sel otak, meningkatkan kemampuan, dan menyeimbangkannya. Tentu lantunan Al-Qur’an yang dipedengarkan untuk anak harus yang tepat dan benar ya Bunda!

Pengaruh Al Quran terhadap Kognitif

Bunda, sudahkah anda memperhatikan kognitif anak? Kognitif pada anak sangat berpengaruh untuk perkembangan memori, perolehan informasi, kemampuan berpikir dan pengembangan dalam mememecahkan masalah. proses kognitif tersebut sama saja saat manusia menghapalkan Al-Qur’an. Menghafal diartikan sebagai kemampuan untuk memindahkan bahan bacaan ke dalam memori (encoding), menyimpan dalam memori (storage), dan mengungkapkan kembali subjek dalam memori.

Baca Juga  Perhatikan, Ini 2 Dampak Buruk KDRT Bagi Mental Anak
Seperti yang kita tahu, Ayat-ayatAl-Qur’an mengandung berbagai macam ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, mengajarkan Al-Qur’an kepada anak merupakan salah satu cara yang efektif untuk merangsang perkembangan kognitif anak. Beberapa positif dampak hafalan al qur’an bagi anak kecerdasan kognitif. Penelitian dari Advances in Social Science, Education and Humanities Research menjelaskan ketika anak menghapalkan Al-Qur’an, mampu merangsang berpikir dan mengasah kemampuan mengingat anak.

Fakta-menarik-manfaat-al-Qur'an-untuk-kecerdasan-otak

Al Quran dapat Menurunkan Stress

Bunda mungkin pernah merasakan saat mendengarkan lantunan ayat Al-Qur’an hati menjadi lebih damai dan tenang. Ternyata ini ada penelitian yang membuktikan bahwa Al-Qur’an dapat menurunkan stres lho!

Sebuah penelitian dari Dr. Andri Abdurochman, S.Si., M.T., Dosen Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad. Ia menjelaskan saat seseorang mendengarkanAl-Qur’an, otak mengalami proses relaksasi sehingga seperti sedang dalam keadaan tidur. Pada kondisi yang bersamaan, otak juga mengirimkan sinyal ke kelenjar untuk mengeluarkan hormon. Terlebih jika lantunan Al-Qur’an diputar secara berulang-ulang akan memilki efek hipnosis. Oleh sebab itu, suara Al-Qur’an baik untuk mengendalikan emosi anak ya Bunda.