fbpx

Dijamin Gak Bikin Bosan! Begini 5 Ide Seru Kegiatan di Rumah Bersama Keluarga

by | Jan 29, 2024 | Keluarga

generos.id – Musim hujan kembali datang di sela-sela liburan cuti bersama, hal tersebut pastinya membuat sang buah hati menjadi bosan lantaran tak bisa bermain di luar.

Bunda dan Ayah juga pastinya bingung lantaran sang buah hati sangat ingin bermain di luar, namun cuaca saat ini sedang tidak mendukung.

Maka dari itu orang tua harus memikirkan ide seru kegiatan di rumah bersama keluarga, agar sang buah hati tidak merasakan bosan atau suntuk.

Dikutip dari situs Strategies for Parents, berkumpul bersama teman dan keluarga di hari libur memang paling dinantikan oleh semua orang.

Pasalnya momen tersebut dapat membuat sang buah hati atau pun keluarga bersemangat kembali setelah melakukan banyak kesibukan.

Agar momen quality time tersebut tidak terasa membosankan, orang tua harus menciptakan suasana yang mengasyikan bagi sang buah hati.

Biasanya kegiatan yang tidak dapat membuat bosan yakni memainkan sebuah games yang seru untuk dimainkan bersama.

Bermain games biasanya dilakukan pada acara malam tahun baru agar lebih terasa meriahnya.

Namun nyatanya, bermain games dapat dilakukan kapan saja, termasuk ketika Bunda dan Ayah berkumpul bersama sang buah hati saat sedang libur.

Baca Juga  Susah Bangun Awal? Ini Ide Menu Sahur Siap Saji

Ada banyak ide seru yang bisa dilakukan bersama-sama dengan sang buah hati, ataupun keluarga besar.

5 Ide Seru Kegiatan di Rumah Bersama Keluarga Dijamin Gak Bakal Bosan

5 Ide Seru Kegiatan di Rumah Bersama Keluarga Dijamin Gak Bakal Bosan

Berikut beberapa ide seru kegiatan yang dapat dipraktekan oleh Bunda dan Ayah di rumah bersama sang buah hati, di antaranya:

1. Monopoli

Monopoli adalah permainan yang sudah menjadi favorit para orang tua sejak lama.

Dalam permainan ini, para pemain berlomba-lomba untuk mengumpulkan uang dan aset dengan membeli properti dan mengenakan biaya sewa kepada pemain lain yang berhenti di properti mereka.

Permainan ini bisa dimainkan secara online, namun versi jadul yang menggunakan papan tetap lebih seru.

Pemain harus menggulirkan dadu untuk memindahkan pointer dan melakukan transaksi yang diperlukan.

Setiap pemain akan mendapatkan uang untuk melakukan investasi rumah dan properti lainnya.

Ada juga kartu yang memberikan kesempatan atau jebakan untuk para pemain.

Baca Juga  Menelisik Genetika Autisme, Karena Keturunan?

Monopoli merupakan permainan yang mengajarkan strategi, pengelolaan keuangan, dan kemampuan negosiasi kepada para pemainnya.

2. Melukis Bersama

Melukis adalah kegiatan di rumah yang bisa Bunda lakukan untuk mengasah kreativitas. Selain itu, melukis juga bisa membuat sang buah hati lebih rileks dan tenang.

Bunda bisa mengajak pasangan atau anak untuk melukis bersama. Meskipun tidak bisa melukis dengan baik, dan juga tetap bisa menuangkan ide-ide kreatif kamu di dalamnya.

Kegiatan di rumah ini juga terbilang praktis dan hemat, karena Bunda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mulai melukis.

Orang tua hanya perlu membeli kanvas, cat, serta kuas yang akan digunakan untuk melukis.

3. Bermain Ludo

Ludo adalah permainan papan yang seru dan menghibur. Aturan main Ludo sangat sederhana, yaitu kotak besar dalam papan permainan adalah rumah bagi pion untuk keluar dan kembali.

Pemain harus menggulirkan dadu untuk memindahkan pion mereka sejauh angka yang keluar dari dadu.

Pemain yang pionnya berhasil kembali ke rumahnya lebih dulu adalah pemenangnya. Ludo mengajarkan kecepatan berpikir, strategi, dan kemampuan mengambil keputusan kepada para pemainnya.

Baca Juga  Berikut 6 Tips Bijak Belanja Online Saat Tanggal Cantik

Permainan ini bisa dimainkan oleh semua anggota keluarga, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Ludo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang bersama keluarga di rumah.

4. Bermain Tebak Gaya

Permainan ini akan melibatkan imajinasi dan kreativitas, maka dari itu siapkan pensil atau botol plastik, kertas besar, dan beberapa orang anggota keluarga yang bermain.

Mintalah semua anggota keluarga untuk duduk mengelilingi pensil atau botol plastik dan kertas besar tersebut.

Putar pensil atau botol plastik, hingga berhenti dan ujung pensil menunjuk salah satu pemain.

Orang yang ditunjuk bermain harus memperagakan sebuah gaya, seperti gaya berjalan, gaya berbicara, atau gaya menari.

Pemain lain harus menebak gaya apa yang sedang ditampilkan. Permainan ini bisa membuat semua anggota keluarga tertawa dan membuat momen di rumah menjadi lebih menyenangkan.

5. Petak Umpet

Petak Umpet adalah permainan jadul yang seru dan mengasah kemampuan bersembunyi. Permainan ini bisa dimainkan di dalam rumah atau di luar ruangan.

Salah satu pemain menjadi “penyembunyi” yang harus mencari tempat untuk bersembunyi, sementara pemain lain menjadi “pengumpit” yang mencoba menemukan mereka.

Petak Umpet adalah permainan yang melatih kecerdasan, kecepatan berpikir, dan strategi.

Nah jadi seperti itulah ide permainan yang tidak akan membuat bosan sang buah hati, Bunda dan Ayah bisa mempraktekannya di rumah.***

Jangan Sampai Tidak Tahu! Ini 8 Penyebab Tantrum Pada si Kecil

GENEROS.ID - Mengatasi tantrum pada sang buah hati memang tidak mudah, selain butuh kesabaran ekstra, diperlukan waktu dan perhatian lebih agar Ibu dan Ayah dapat mencermati berbagai kemungkinan penyebabnya. Mungkin Bunda dan Ayah juga akan merasakan jengkel jika sang...