fbpx

Generos Mulai Melakukan Tahap Uji Praklinik bersama Program Studi Farmasi UAD Yogyakarta

by | Oct 12, 2022 | Tumbuh Kembang

Kepercayaan masyarakat terhadap produk herbal semakin meningkat seiring dengan tren back to nature yang masih laris hingga saat ini. Termasuk produk suplemen dengan bahan alami. Bagi orang tua, suplemen untuk anak juga tak kalah pentingnya untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anak.

Namun, banyak faktor yang harus diperhatikan oleh orang tua sebelum membeli produk suplemen anak. Diantaranya mempertimbangkan kebutuhan anak dan kualitas dari produk suplemen.

Dari kualitas produk suplemen anak inilah, Generos menggandeng program studi Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta untuk melakukan uji praklinik. Pengujian ini bertujuan agar masyarakat semakin percaya dengan kandungan Generos yang telah diuji secara ilmiah.

Dalam dunia herbal, uji praklinik dapat meningkatkan kualitas produk herbal yang awal mulanya jamu, menjadi obat herbal terstandar. Uji praklinik merupakan suatu uji yang dilakukan pada hewan percobaan seperti mencit, tikus, atau kelinci dengan tujuan untuk menentukan keamanan dan khasiat bahan secara ilmiah.

Baca Juga  Ulasan Buku Speech Delay dan Tumbuh Kembang Anak

Salah satu tim riset Program Farmasi UAD, Faizlanna Sihan menjelaskan bahwa uji praklinik yang bekerjasama dengan Generos ini bertujuan untuk mengetahui fungsi anti inflamasi pada cairan Generos. Untuk saat ini proses penelitian sedang dalam masa percobaan awal atau pra pendahuluan. Terdapat 5 jenis tikus dengan jumlah total 50 ekor yang digunakan dalam penelitian ini.

uji-praklinik-generos

Faiz menambahkan, penelitian ini akan mendeteksi sejauh mana fungsi dan jangka waktu yang dibutuhkan Generos menjadi anti inflamasi pada tubuh. Anti inflamasi sendiri merupakan salah satu senyawa aktif yang bermanfaat untuk meredakan radang atau bengkak pada tubuh. Sehingga dapat meredakan nyeri dan menurunkan demam.

“Setelah melalui berbagai tahapan proses anti inflamasi ini, kita akan mengetahui seberapa jauh Generos mempunyai efek anti inflamasi khusus untuk tubuh anak. Kita juga bisa melihat jangka waktu yang dibutuhkan dalam proses menurunkan radang maupun pembengkakannya,” ujar Faiz pada hari Jumat (7/10).

Baca Juga  Predator Seksual Anak Semakin Meresahkan, Bagaimana Menyikapinya?

Dengan mengadakan penelitian ini, Generos memberi perhatian khusus kepada orang tua, dalam membantu mereka memilih suplemen yang terpercaya untuk penunjang daya tahan tubuh anak. Sebagai bahan herbal, langkah uji praklinik ini menjadi sebuah langkah lanjutan dalam meyakinkan masyarakat terhadap produk suplemen anak, khususnya Generos. Keyakinan tersebut ditentukan dari keamanan maupun khasiat Generos.

Hal ini juga didukung oleh Formulator Generos, Retnosyari Septiyani. Ia menuturkan bahwa Generos sedang melakukan penelitian bersama empat program studi yang tersedia di UAD. Diantaranya program studi Teknik Pangan, Farmasi, Bisnis Jasa Makanan, serta Magister Psikologi. Hasil dari empat penelitian ini adalah sebuah jurnal yang bisa dibaca langsung oleh masyarakat.

Baca Juga  Anak Bisa Stunting Akibat Terus Terpapar Polusi Udara, Generos Solusinya

“ Uji praklinik ini diharapkan bisa menambah kepercayaan orang tua terhadap Generos. Sebab hasil penelitian ini yang akan menunjukkan keterkaitan fungsi satu sama lain. Seperti kinerja antioksidan maupun anti inflamasi pada cairan Generos. Ketika antioksidan pada Generos meningkat, maka anti inflamasi pun juga ikut naik. Tentu saja ini sangat bagus dalam menunjang tumbuh kembang anak,” Ujar Retno.