fbpx

Ini Alasan Mengapa Main Air Bermanfaat untuk Anak

by | Mar 22, 2022 | Keluarga, Tumbuh Kembang

Tumbuh kembang – Permainan anak memang sangatlah beragam, khususnya permainan anak usia dini. Aktivitas bermain bertujuan agar anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Menurut Hurlock kegiatan belajar yang paling efektif untuk anak-anak adalah dengan bermain. Saat bermain, anak bisa menjadi individu yang bisa menyesuaikan dan berhubungan dengan kelompok sebayanya

Salah satu permainan yang menyenangkan untuk anak adalah bermain air. Walaupun permainan air terkadang membuat Bunda khawatir. Tetapi, ternyata ada berbagai alasan yang membuat permainan air yanf menyenangkan bisa jadi sangat bermanfaat untuk anak

Bertepatan dengan Hari Air sedunia. Yuk simak alasan mengapa main air sangat penting untuk perkembangan anak.

Memberikan Stimulasi Sensori dan Motorik Anak

Bermain air ternyata sangat bagus untuk melatih perkembangan sensori dan motorik pada anak. Permainan air merupakan permainan yang menyenangkan yang menjadikan anak anak aktif. Sehingga saat mereka bermain air, dapat mengembangkan pengetahuan, motorik kasar dan halus, dan mudah mengungkapkan ekspresi kreatifnya.

Baca Juga  Tips Menjaga Kesehatan Anak Selama Berpuasa

Gerakan saat bermain air, seperti mencipratkan dan menyemprotkan air melatih kemampuan kreatifitas si anak. Selain itu, menuangkan air ke dalam wadah. Kegiatan ini juga melatih anak konsep dasar matematika.

Melatih Kemandirian

Siapa bilang mandi air hanya mencipratkan air saja. Bunda bisa mengajarkan kemandirian saat bermain mandi-mandian. Kegiatan mandi anak ini jadi salah satu momen bermain air yang menyenangkan. Selain anak gembira bermain air, orang tua bisa mengajarkan anak cara mandi uang benar.

Dimulai dari menyiram badan, gosok gigi, serta menyabun seluruh tubuh. Kegiatan mandi ini bertujuan agar anak memiliki kemandirian dengan benar. Jika masuh usia dini, anak juga bisa belajar mandi sendiri berdasarkan pengalaman bermain mandi degan orang tuanya.

ini-alasan-mengapa-main-air-bermanfaat-untuk-anak

Manfaat Bermain Air untuk Anak

Meningkatkan Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak

Selain melatih kemandirian dan menstimulasi sensori pada anak. Ternyata permainan anak bisa meningkatkan kemampuan bahasa dan bicara anak lho! 

Kegiatan permainan air sangat menyenangkan untuk anak. Anak yang sedang bermain air, secara otomatis akan mengeluarkan berbagai ekspresinya. Kesempatan inilah yang bisa orang tua gunakan untuk mengajak anak bicara. Berikan pertanyaan pada anak tentang apa yang mereka pegang atau sedang melakukan kegiatan. Anak jadi lebih mudah mengutarakan dan mengekspresikan melalui bicara.

Baca Juga  5 Bahaya Generos Palsu untuk Anak! Simak Penjelasan Berikut

Nah, itu 3 alasan mengapa main air sangat penting untuk anak. Apalagi bermain air bisa dilakukan di rumah tanpa mengeluarkan biaya. Walaupun begitu, Bunda tetap harus mengawasi anak saat bermain ya! Pastikan juga tempat yang bersih dan aman untuk anak saat bermain air.

Selain itu, Bunda harus memperhatikan kondisi saat anak bermain air. Tentunya anak harus dalam keadaan sehat. Agar imun anak selalu sehat, Vitamin Generos dapat membantu untuk meningkatkan imunitas pada anak. Dengan 5 bahan alami yaitu ikan sidat, pegagan, madu hutan, mengkudu, dan temulawak. Manfaat Generos juga membantu anak lebih aktif karena ada zat asticosida yang membuat anak lebih periang dan komunikatif. Maka, siapkan Generos sebelum anak bermain air ya Bund!

Baca Juga  Bunda, Ketahui Global Development Delay pada Anak

Bunda bisa cek offcial link pembelian Generos berikut ini.

Jangan Sampai Tidak Tahu! Ini 8 Penyebab Tantrum Pada si Kecil

GENEROS.ID - Mengatasi tantrum pada sang buah hati memang tidak mudah, selain butuh kesabaran ekstra, diperlukan waktu dan perhatian lebih agar Ibu dan Ayah dapat mencermati berbagai kemungkinan penyebabnya. Mungkin Bunda dan Ayah juga akan merasakan jengkel jika sang...