fbpx

Ini Pentingnya Herbal Untuk Kecerdasan Otak si Kecil, Bunda Wajib Tahu!

by | Dec 12, 2023 | Nutrisi

generos.id – Bunda tau gak sih? Herbal ternyata tidak hanya berfungsi sebagai penyedap rasa pada masakan atau makanan saja.

Akan tetapi beberapa tanaman herbal juga dapat berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak sang buah hati.

Jadi otak merupakan salah satu bagian paling penting dari tubuh manusia, yang berfungsi sebagai rumah bagi banyak kenangan atau memori.

Tak hanya itu saja, memiliki ingatan yang baik agar dapat mencapai kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan sangatlah penting.

Baik dalam meningkatkan fokus dan konsentrasi, meningkatkan daya ingat, atau melindungi otak, pengobatan ini juga memiliki banyak manfaat.

Pentingnya Herbal Untuk Kecerdasan Otak si Kecil

Pentingnya Herbal Untuk Kecerdasan Otak si Kecil

Dalam hal ini, ada beberapa tanaman herbal yang dipercaya bisa dikonsumsi agar otak bisa lebih cerdas dan memiliki daya ingat yang tajam.

Dikutip dari Live Instagram @ceritageneros, mempersiapkan sebuah nutrisi agar sang buah hati memiliki perkembangan perkembangan otak yang bagus harus dari Bunda yang sedang melakukan program hamil.

“Baiknya pada saat ibu melakukan program hamil memang sudah menyiapkan makanan yang sehat dan seimbang, sehingga saat pembentukan si Kecil di perut terpenuhi nutrisinya,” ujar dr. Muthoharrah, M.Si sebagai herbalis.

Baca Juga  Jangan Berikan Air Putih Pada Bayi yang Baru Lahir Bunda, Inilah 4 Bahayanya

“Karena selama dalam perut juga mengalami perkembangan dan pertumbuhan apalagi perkembangan otak anak juga dari masa dia dikandungan,” sambungnya.

Nutrisi dari otak dapat dipenuhi dengan bahan-bahan, yang biasa ditemui oleh bunda-bunda dikehidupan langsung.

“Herbal bisa sebagai bahan perlengkap, karena kalo misalnya kita bicara tentang nutrisi itu lengkap, memenuhi pola makan yang sehat dan seimbang disitu ada zat makro dan zat mikro,” ungkap Muthoharrah.

“Herbal itu juga diketahui fungsinya dan bisa jadi bahan makan fungsional artinya yang di makan dari bahan tumbuh-tumbuhan, atau bisa jadi suplemen,” lanjutnya.

Tanaman-tanamanini juga mampu meningkatkan cara berpikir, memahami, belajar, hingga mengingat.

Perkembangan otak kaitannya bukan hanya otak sendiri, tapi bagaimana imunitasnya juga baik dan maka dari itu diperlukan bahan herbal-herbal yang bersifat imunomodelator.

“Sebetulnya perkembangan otak kaitannya bukan hanya otak sendiri, tapi bagaimana dia imunitasnya juga baik dan makanya perlu yang herbal-herbal imuno yang bersifat imunomodelator,” ujar Muthoharrah.

Baca Juga  Anak Bisa Stunting Akibat Terus Terpapar Polusi Udara, Generos Solusinya

Tak hanya itu saja, nafsu makan juga mempengaruhi perkembangannya, jika tidak nafsy maka kebutuhannya juga tidak tercukupi.

“Pertama nafsu makannya harus baik, imunitas bagus, lalu baru berbicara tentang otaknya, kalo spesifik ke otak digunakan yang sudah tidak asing misalnya pegagan itu juga bagus untuk perkembangan otak anak,” ucapnya.

Bukan hanya pegagan saja, lalu ada kelor yang mudah untuk ditanam, gizinya juga amat sangat lengkap nutrisinya dan murah.

“Lalu ada kelor dia mudah ditanam dan gizinya amat sangat lengkap nutrisinya dan urah juga, mungkin disayur bening itu ada daun kelor,” ujar Muthoharrah.

Muthoharrah mengungkapkan jadi bahan-bahan itu sebagai penunjang, karena dalam satu piring makan seharusnya terdiri dari karbohidrat dan protein.

Protein dibagi menjadi dua yaitu protein hewani dan protein nabati, lalu juga ada sayur yang kaitannya dengan fungsi makan pangan fungsional.

“Bahan ini sebagai penunjang, karena kalo dalam  satu piring makan itu terdiri dari karbohidrat dan protein,” ujar Muthoharrah.

Baca Juga  Ketahui Keunggulan Madu Hutan dan 5 Manfaatnya

“Protein dibagi menjadi dua yaitu protein hewani dan protein nabati, lalu sayur ini kan dari bahan alami jadi herbal kaitannya dengan fungsi makan pangan fungsional, jadi dia sebagai pelengkap,” sambungnya.

Jika sudah mengetahui manfaat yang ada di dalam herbal, maka dari itu Bunda harus mengetahui efek samping yang akan didapatkan.

Muthoharrah mengucapkan walau bahan alam kalo penggunaannya tidak pas itu bakal ada efek sampingnya, entah jika pengobatan kurang dosisnya itu tidak akan berefek.

“Walau pun bahan alam kalo penggunaannya tidak pas itu akan ada efek sampingnya, entah itu jika pengobatan kurang dosisnya itu tidak akan berefek, atau misalkan terlalu berlebihan akan mengalami efek samping,” ucap Muthoharrah.

“Lalu bagaimana memilihnya? Misalnya dalam bentuk ekstrak yaitu bentuk bubuk nah itu dilihat apakah ada bpomnya lalu kita mengikuti dosis sesuai dengan kemasannya,” sambungnya.

Jadi seperti itu Bunda, herbal ini memiliki manfaat yang luar biasa jika digunakan dengan penggunaan yang pas untuk kecerdasan sang buah hati.***

Jangan Sampai Tidak Tahu! Ini 8 Penyebab Tantrum Pada si Kecil

GENEROS.ID - Mengatasi tantrum pada sang buah hati memang tidak mudah, selain butuh kesabaran ekstra, diperlukan waktu dan perhatian lebih agar Ibu dan Ayah dapat mencermati berbagai kemungkinan penyebabnya. Mungkin Bunda dan Ayah juga akan merasakan jengkel jika sang...