fbpx

Manfaat Bercerita untuk Anak Usia Dini, Bikin Lancar Bicara

by | Dec 3, 2022 | Tumbuh Kembang, Keluarga

Ada banyak cara untuk menstimulasi perkembangan bahasa dan bicara anak. Salah satunya dengan media bercerita atau mendongeng. Dongeng atau lebih spesifik dengan read aload (membaca nyaring) merupakan cara membacakan buku dengan suara yang nyaring dan artikulasi jelas sehingga anak mudah paham. Oleh sebab itu ada banyak manfaat bercerita untuk anak usia dini. Apalagi dapat merangsang perkembangan bahasa dan bicaranya.

Manfaat Bercerita untuk Anak Usia Dini

Saat mengajarkan anak bercerita, Bunda bisa menggunakan buku maupun tidak, salah satunya dengan teknik read aload. Read aload juga merupakan sebuah interaksi dengan anak untuk berdiskusi tentang buku yang dibacakan. Hal itu karena bahasa cetak berbeda dengan bahasa sehari-hari sehingga kosakata anak akan bertambah.

Baca Juga  Begini Cara Maksimalkan Tumbuh Kembang Anak Disabilitas Intelektual

manfaat-bercerita-untuk-anak-usia-dini-bantu-lancar-bicara

Buku yang dibacakan dapat berupa buku yang mengandung nilai moral, buku yang mengandung kegiatan sehari-hari anak, dan juga dapat berupa buku sains. Orang tua harus mampu bersaing dengan teknologi di era digital dengan memanfaatkan banyaknya buku yang menarik pada zaman sekarang.

Buku memang bukan sesuatu yang langsung bisa menarik untuk anak karena memang benda mati. Perlu adanya peran orang tua untuk membuat buku dapat menarik bagi anak-anak. Bisa dengan cara membacakan, mengajak diskusi, dan mengobrol tentang apa yang ada pada buku tersebut.

Saat anak sudah menyukai dan tertarik dengan buku maka anak tersebut akan tidak bosan dengan buku. Cara membacakan buku juga dianjurkan dengan intonasi, ekspresi, dan semangat ketika membacakan buku, meskipun orang tua tidak terlalu menyukai buku. Membacakan buku juga tidak hanya pada teks namun dapat mendeskripsikan gambar pada buku tersebut dan mengajak interaksi anak.

Kapan waktu yang tepat untuk membacakan buku kepada anak?

Membacakan buku atau mendongeng dapat dilakukan secara fleksibel. Membacakan buku dapat dilakukan saat anak-anak bermain atau ketika bersantai. Pembacaan buku atau mendongeng dapat dilakukan lebih sering ketika dalam masa pengenalan buku kepada anak.

Baca Juga  Kak Seto datang ke Kantor Generos, Apresiasi Piagam Komitmen Bebaskan Speech Delay

Walaupun manfaat bercerita untuk anak usia dini bisa dilakukan kapanpun setiap hari, namun tidak dalam waktu yang cukup lama. Dapat dibacakan sekitar lima sampai 10 menit untuk membuat kebiasaan baik dan meningkatkan minat membaca buku pada anak. Satu buku tidak harus diselesaikan sekali baca.

Orang tua dapat meletakkan buku pada tempat yang masih pada jangkauan anak sehingga anak dapat sering melihat dan tertarik dengan buku tersebut. Waktu yang lebih efektif adalah saat sebelum tidur karena kondisi anak lebih tenang dan menyimak.

Apa yang menjadi parameter anak tertarik dengan buku?

Anak akan menyimak hingga cerita selesai dan bertanya tentang buku yang dibacakan. Pada tahap pengenalan tidak harus satu buku dibaca secara penuh dan jangan terlalu memaksakan anak.

Perlu adanya pengenalan rutin sekitar 5 sampai 10 menit setiap hari hingga anak akan terbiasa dengan sendirinya. Jangan menyerah ketika anak belum tertarik pada buku yang dibacakan.

Meningkatkan membacakan buku kepada anak?

Salah satunya yaitu dengan membeli buku terlebih dahulu. Ini dapat menjadikan orang tua lebih bersemangat ketika membacakan buku. Karena akan menyayangkan ketika buku yang sudah dibeli namun tidak terbaca. Selain itu, semangat dapat ditumbuhkan dengan melihat sisi positif dari membacakan buku kepada anak.

Baca Juga  Jangan Sampai Tidak Tahu! Ini 8 Penyebab Tantrum Pada si Kecil

Bagaimana cara memunculkan ide saat anak bertanya saat dibacakan buku?

Manfaat bercerita untuk anak usia dini yaitu memunculkan kreatifitas dan ide pada anak. Jadi setelah anak tahu akan jawaban dari pertanyaan anak, maka akan lebih baik dijawab pada saat itu juga. Namun apabila belum tahu maka lebih baik berkata jujur dan dijawab pada waktu selanjutnya dengan mencari jawabannya.

Bagaimana tips agar orangtua lebih mencintai kegiatan membacakan buku kepada anak?

Anak merupakan sebuah amanah sehingga menjadi penyemangat kita untuk berubah, yang semula tidak suka buku menjadi suka dan mau membacakan buku kepada anak. Anak menjadi tanggung jawab dan orang tua harus berjuang dengan memberikan ilmu sejak dini demi kebaikan anak. Manfaat bercerita untuk anak usia dini akan  berhasil jika orang tua dan anak konsistensi dalam membacakan buku.

Apakah buku yang recommended untuk diberikan pada usia 11 sampai 12 bulan?

Pada usia 11 sampai 12 bulan termasuk pada usia untuk pengenalan buku. Buku yang diberikan dapat berupa board book yang bertekstur lebih keras dan tidak mudah robek, karena pada usia tersebut motorik halus masih belum maksimal. Meskipun board book tidak mudah robek, akan tetapi orang tua harus tetap menemani atau mendampingi dan membacakan buku tersebut.

Nah Bunda sudah tahu manfaat bercerita untuk anak usia dini. Oeh sebab itu, tetap semangat dalam memberikan stimulasi bicaranya lewat berbagai cara ya!

 

 

Jangan Sampai Tidak Tahu! Ini 8 Penyebab Tantrum Pada si Kecil

GENEROS.ID - Mengatasi tantrum pada sang buah hati memang tidak mudah, selain butuh kesabaran ekstra, diperlukan waktu dan perhatian lebih agar Ibu dan Ayah dapat mencermati berbagai kemungkinan penyebabnya. Mungkin Bunda dan Ayah juga akan merasakan jengkel jika sang...