fbpx

Lagi Viral, Ini 4 Manfaat Bermain Latto-latto

by | Dec 30, 2022 | Tumbuh Kembang

Di penghujung tahun 2022 ini tengah viral mainan latto-latto yang tidak hanya digemari anak-anak tapi juga orang dewasa. Bahkan Presiden Joko Widodo juga sempat menjajal mainan seperti pendulum yang terdiri dari dua bola yang terikat dengan tali itu. Siapa sangka, permainan viral ini juga memiliki manfaat yang baik untuk si Kecil loh Bunda!

Tidak hanya di Indonesia, mainan ini juga viral di luar negeri. Dan ternyata mainan ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, Ayah Bunda! Menurut informasi dari berbagai sumber, mainan latto-latto ini sudah ada sejak akhir 1960-an dan awal 1970-an. Pada tahun 1968 mainan dengan nama lain clackers ini berbahan kaca temper.

Namun karena berbahan kaca temper membuat latto-latto menjadi berbahaya karena mudah pecah. Bahkan dilaporkan mainan itu telah menelan korban. Pada saat bola kaca itu pecah mengenai wajah dan juga mata anak-anak. Maka dari itu mainan ini sempat dilarang dan ditarik dari peredaran oleh pemerintah Amerika Serikat.

Cara kerja latto-latto mirip dengan pendulum

Cara kerja latto-latto mirip dengan pendulum

Setelah itu kemudian muncul kembali clackers versi terbaru dengan bahan plastik. Mainan ini dianggap lebih aman karena tidak mudah pecah seperti mainan pendulum generasi pertama yang berbahan kaca temper itu.

Baca Juga  Ulasan Buku Speech Delay dan Tumbuh Kembang Anak

Bahkan mainan ini juga viral pada masanya. Menurut catatan The Washington Post, pada sekitar tahun 1990-an The Smithsonian Institution telah menjual 12 ribu latto-latto dalam waktu enam bulan. Sedangkan perusahaan pembuatnya yang berbasis di Seatle, Amerika Serikat yaitu Fascination Toys and Gifts berhasil mendistribusikan sebanyak 850 ribu latto selama kurun waktu empat bulan.

Dengan suara ‘klak’ yang khas yang dihasilkan saat memainkannya membuat banyak orang dewasa membencinya karena berisik. Namun itu berbeda dengan anak-anak yang justru dapat membuat mereka bahagia saat memainkannya. Siapa sangka, selain membuat anak bahagia, clackers ball ini juga memiliki berbagai faedah yang tidak bisa disepelekan. Simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Bermain Latto-latto

1. Sebagai Mainan Edukasi

Pada saat viralnya latto-latto di era 90-an tersebut, mainan itu juga dikenal dengan nama Yoyo Newton. Hal itu karena mainan ini juga dapat mengajarkan kepada anak-anak tentang teori Newton, yaitu dua hukum gerak. Dua hukum gerak Newton tersebut yaitu:
a) Tubuh yang bergerak cenderung tetap bergerak,
b) Untuk setiap tindakan akan ada reaksi yang sama dan berlawanan

Latto-latto dapat membuat anak melupakan gadget-nya

Latto-latto dapat membuat anak melupakan gadget-nya

2. Mengurangi Candu Gadget pada Anak

Saat anak-anak disibukkan untuk terus membenturkan dua bola itu hingga menghasilkan suara ‘klak’ yang membuat mereka puas, saat itu pula mereka telah melupakan gadget yang biasa mereka mainkan. Jika itu yang terjadi, biarkanlah anak-anak terus bermain Yoyo Newton itu hingga mereka mahir.

Baca Juga  Autisme Pada Anak, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Tentu saja, tetap awasi mereka agar bermain dengan aman. Karena mainan pendulum itu sudah berbahan plastik tetap saja dapat membuat si Kecil cedera jika salah satu bolanya terbentur dengan anggota tubuh. Mengingat bola plastiknya cukup berat sehingga akan sakit saat mengenai kepala atau lainnya saat mengayunkannya.

3. Melatih Konsentrasi

Saat anak-anak berusaha mengayunkan kedua bola itu, mereka tengah berusaha agar kedua bola itu terus berbenturan sehingga menghasilkan bunyi klak atau tek-tek. Pada saat itu pula anak-anak sedang dilatih konsentrasinya agar kedua bola tetap berbenturan secara konstan. Jika tidak, bola tersebut tidak akan berbenturan dan akhirnya geraknya menjadi berantakan.

Semakin lama anak ingin membuat bola tetap bergerak seimbang dan lama, semakin tinggi fokus dan konsentrasi yang diperlukan. Sehingga ini dapat meningkatkan rentang fokus si Kecil.

Baca Juga  Kelola Emosi dengan 2 Metode Ini Agar Anak Tumbuh Bahagia

4. Melatih Kemampuan Motorik

Selain melatih konsentrasi dan fokus si Kecil, bermain latto-latto juga dapat melatih kemampuan motoriknya. Saat anak mengayunkan kedua bola berukuran sama itu ia sedang melatih tangan dan juga matanya untuk berkoordinasi dengan baik. Sehingga kemampuan motoriknya akan terus terasah seiring ia semakin mahir dalam menggerakkan mainan bola pendulum itu dengan konstan.

5. Melatih Kesabaran dan Mengendalikan Emosi

Dalam bermain latto-latto, selain membutuhkan konsentrasi dan koordinasi gerak yang berkesinambungan juga dapat membutuhkan kesabaran. Ketika bertanding dengan teman sebaya, misalnya, anak harus menjaga emosi dan suasana hati saat menyeimbangkan ayunan bola yang sedang beradu dengan konstan.

Jika emosi tidak bisa diolah dengan baik, kemungkinan anak akan kalah dalam permainan. Hal itu karena emosi yang tidak stabil juga dapat membuyarkan konsentrasi anak. Alhasil ayunan clackers ball akan bergeser dan kemudian tidak bergerak dengan konstan lagi.

Nah, itulah manfaat bermain latto-latto bagi si Kecil, selain menyenangkan juga mendapatkan beragam manfaat lainnya. Jadi Ayah dan Bunda jangan ragu untuk memberikan mainan latto-latto ini untuk si Kecil, ya!