fbpx

Menu Buka Puasa Sehat untuk Anak ala Generos

by | Apr 13, 2022 | Nutrisi

Nutrisi – Bunda, sudahkah anak mengikuti puasa Ramdhan tahun ini? Jika sudah, apa yang bunda lakukan untuk memenuhi nutrisinya? Pastikan menu buka puasa sehat untuk Si Kecil agar ia tetap kuat dan semangat dalam menjalankan ibadah puasa.

Memenuhi nutrisi anak selama bulan Ramadhan perlu diperhatikan oleh Bunda lho! Walaupun anak-anak belum bisa puasa full, namun anak tetap perlu makanan sehat dan bergizi. Tujuannya agar menjaga tubuh anak tetap fit selama puasa. Tetapi terkadang kita bisa lengan dengan membuat menu yang bermacam-macam tapi minim gizi. Menurut IDAI, saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kadar gula dengan cepat dan waktu singkat pada tubuh anak.

menu-buka-puasa-sehat-untuk-anak

Menu Buka Puasa

Menurut Ustadz Zaidul Akbar, menu buka puasa yang baik ialah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan enzim. Kurangi makanan yang berbahan dasar tepung, makanan yang mengandung minyak goreng dan gula berlebih. Sebaiknya menu buka puasa untuk anak tidak berlebihan agar tidak menjadi lemak yang menumpuk.

Oleh Sebab itu, Bukan hanya menu sahur saja yang harus diperhatikan, melainkan Menu buka puasa penting untuk dikreasikan. Bumin mau kasih 6 menu buka puasa yang sehat berdasarkan beberapa sumber.

Baca Juga  Mengapa Orang tua Perlu Mengenalkan Keutamaan Ramadhan pada Anak

Bunda tidak perlu repot-repot dan bingung untuk menyediakan menu yang sehat saat buka puasa. Menu ini bisa disantap oleh seluruh anggota keluarga di rumah ya Bunda!

Buah-buahan

Buah-buahan memang jadi salah satu primadona menu buka puasa yang menyehatkan. Kandungan cairan dan berbagai vitamin dalam buah dapat mengisi kembali energi yang hilang di tubuh anak selama puasa. Bunda bisa membuat kreasi menu buah-buahan, seperti membuat jus, smoothie, salad buah, atau buah potong saja. Selain itu, buah kurma juga bisa jadi takjil yang baik untuk anak. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kurma mengandung berbagai vitamin, protein, serat, dan gula yang baik.

menu-buka-puasa-sehat-untuk-anak

Smoothie

Roti Gandum atau Bolu Buah

Walaupun saat bulan Ramadhan memang lebih baik menghindari produk makanan berbahan dasar tepung. Tapi bunda bisa mencoba kreasi olahan roti atau bolu yang dikombinasikan dengan buah. Seperti bolu pisang, martabak buah, dan roti gandum sayur-sayuran. Menu ini mengandung karbohidrat kompleks yang dapat mengganti energi selama seharian puasa. Tetapi ingat ya Bunda, menu ini jangan terlalu sering dihidangkan untuk anak.

Baca Juga  Speech Delay Pada Balita, Perhatikan Nutrisinya!

Kentang

Bahan makanan yang mengandung karbohidrat lainnya adalah kentang. Kentang bisa jadi salah satu alternatif pengganti nasi. Umumnya nasi putih mengandung kadar gula yang tinggi sehingga kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan saat puasa, karena jika tidak diproses akan menimbun lemak dalam tubuh. Bunda bisa buat menu dari olahan kentang seperi mashed potato, kentang panggang, dan salad kentang. Ketiga menu ini bisa Bunda tambahkan dengan keju atau sayur-sayuran ya.

Sayur-sayuran

Menu dengan olahan sayur sepertinya wajib nih masuk daftar menu buka puasa untuk si Kecil. Tetapi bagaimana jika anak tidak menyukai sayur? Pasti bisa bikin Bunda repot ya! Bunda tidak perlu khawatir, mix and match berbagai menu dengan bahan-bahan sayuran, Sehingga anak bisa menyukai dan menyantap saat buka puasa.

Bunda bisa membuat menu salad sayur dengan memilih sayuran dengan warna yang cantik agar menarik perhatian anak. Menu lainnya yaitu ayam gulung sayur. Menu ini semacam lumpia, namun kulitnya digantikan dengan kubis, lalu diisi dengan daging ayam. Proses masaknya pun dikukus. Terakhir ada menu nugget sayur. Bunda bisa mengombinasikan beberapa sayuran seperti wortel, seledri, dan bayam. Selain enak, menu-menu ini lebih bergizi karena mengandung serat yang baik untuk anak.

Baca Juga  Tips Mengenalkan Puasa pada Anak

menu-buka-puasa-sehat-untuk-anak

Olahan Tahu

Biasanya tahu goreng menjadi hidangan pembuka saat buka puasa. Tetapi menyajikan gorengan untuk anak juga tidak bagus untuk tenggorokan mereka lho Bund! Oleh sebab itu, Bunda bisa membuat menu olahan tahu dengan cara dikukus. Tahu dihancurkan dan dicampur dengan sayur-sayuran atau tambahan bahan lain kesukaan anak-anak, seperti ayam atau keju. Selain itu, Bunda bisa membentuk tahu ini menggunakan cetakan dengan bentuk-bentuk yang lucu. Tahu juga mengandung nutrisi yang baik dan relatif mudah diperoleh.

Jangan Lupa RRM Generos!

Setelah beberapa menu yang Bumin sebutkan di atas. Ada yang tidak boleh luput dari perhatian Bunda, yaitu Ritual Rutin Minum vitamin Generos. Generos terdiri dari bahan 100% alami dan telah mempunyai sertifikasi halal dan telah terdaftar di BPOM. Kandungan bahan Generos bisa membantu mengembalikan energi dan cairan setelah anak puasa. Ditambah dengan antioksidan yang baik dalam membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Maka dari itu, Sehingga tubuh anak lebih sehat dan tentunya tetap semangat selama ramadhan.