fbpx

Mudik? Yuk Simak Tips Mudik Aman Bersama Anak

by | Apr 28, 2022 | Keluarga, Tumbuh Kembang

Keluarga – Tak terasa kita telah berada di pekan terakhir bulan puasa. Di Indonesia terdapat tradisi mudik lebaran atau pulang kampung bagi mereka yang merantau untuk pulang ke kampung halaman mereka menjelang hari raya Idul Fitri. Biasanya pekan terakhir Ramadhan menjadi pekan paling ramai orang-orang yang tengah melakukan perjalanan untuk mudik lebaran.

Tidak seperti tahun sebelumnya di mana sedang dalam masa pandemi yang membuat pemerintah melakukan pembatasan perjalanan bagi semua warga. Sehingga warga banyak yang tidak pulang ke kampung halamannya. Namun pada tahun ini pemerintah telah mempersilakan warganya untuk melakukan mudik, tentunya dengan syarat-syarat tertentu.

Jika Ayah dan Bunda sedang merencanakan untuk mudik bersama si Kecil tentu Ayah dan Bunda harus mempersiapkan semua kebutuhan yang diperlukan selama mudik agar mudik bersama si Kecil berjalan dengan lancar tanpa kendala. Apa saja kebutuhan yang perlu disiapkan? Simak yuk Ayah Bunda!

1. Pastikan si Kecil sedang dalam kondisi fit

Memastikan si Kecil dalam kondisi fit atau sedang tidak sakit adalah hal terpenting sebelum memikirkan yang lain. Karena jika memaksakan tetap melakukan perjalanan jauh sedangkan si Kecil sedang tidak enak badan maka akan berisiko buruk. Si Kecil bisa saja akan sangat rewel dalam perjalanan atau bahkan yang lebih buruk lagi kondisi kesehatannya akan semakin memburuk.

Baca Juga  Struggle dengan Anak Disabilitas Intelektual? Begini Cara Maksimalkan Tumbuh Kembangnya

Tentu Ayah dan Bunda tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Maka dari itu jika telah merencanakan perjalanan jauh untuk mudik  sebaiknya persiapkan si Kecil agar tidak sakit saat hari H yang telah Ayah dan Bunda rencanakan. Yaitu dengan menjaga daya tahan tubuhnya dengan memberikan asupan makanan dan minuman yang bergizi tinggi.

Jika perlu berikan suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil terutama sebelum dan saat melakukan mudik. Suplemen dengan kandungan madu menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Madu dikenal sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

2. Siapkan car seat jika memilih mudik dengan kendaraan pribadi

Mudik dengan kendaraan pribadi yang biasanya mobil menjadi pilihan banyak keluarga. Namun Ayah Bunda harus tetap memperhatikan keselamatan selama perjalanan bersama si Kecil. Salah satunya dengan menyiapkan car seat agar si Kecil dapat beristirahat dengan nyaman dan tentunya lebih aman dari segi keselamatan berkendara.

Baca Juga  Anak Liburan Sekolah di Rumah Saja? Coba 5 Kegiatan ini agar anak semakin Cerdas!

Memang perlu merogoh kocek untuk membeli car seat tersebut, karena biasanya harganya cukup mahal. Ada pula car seat dengan harga miring, namun tetap perhatikan bahan dan tingkat keamanannya ya Ayah Bunda!

Jika tidak, Ayah dan Bunda bisa membeli car seat bekas atau biasa disebut preloved. Saat ini sudah banyak orang yang menjual barang-barang mereka jika sudah tidak digunakan lagi. Ayah Bunda tinggal membuka marketplace di ponsel untuk melihat koleksi car seat bekas.

Namun Jangan lupa perhatikan kebersihannya ya Ayah Bunda! Bila perlu di-laundry ke laundry stroller sebelum menggunakannya.

persiapan-ramadhan-keluarga-shabira-alula-adnan

Shabira Alula Adnan

3. Bawakan beberapa cemilan dan mainan

Menempuh perjalanan panjang dengan waktu yang lama terkadang membuat kita merasa bosan. Apalagi anak kecil yang memang mudah bosan. Oleh karena itu Ayah dan Bunda perlu menyiapkan beberapa cemilan kesukaan si Kecil untuk membuatnya tetap sibuk saat dalam perjalanan.

Baca Juga  Ternyata Kak Seto Pernah Gagap, Loh!

Ayah dan Bunda juga perlu untuk menyiapkan mainan kesukaan si Kecil yang dapat dibawa saat bepergian. Bisa buku cerita, puzzle, buku mewarnai dan sebagainya. Ayah dan Bunda bisa sesekali memberikan tontonan kepada si Kecil yang telah berusia di atas 2 tahun. Namun tetap didampingi dan jangan sampai terlalu lama ya!

4. Perhatikan pakaian yang dikenakan si Kecil

Selain beberapa hal di atas perlu juga untuk memperhatikan pakaian yang dikenakan si Kecil dari atas sampai bawah. Pastikan pakaian tersebut nyaman dan tidak membuat si Kecil kegerahan maupun kedinginan. Jika menggunakan kendaraan umum seperti pesawat, kereta api, maupun bus, perhatikan apakah di kendaraan tersebut terdapat AC, meskipun biasanya memang disediakan AC.

Jika dirasa udara di dalam kendaraan dingin maka siapkan pakaian hangat seperti jaket dan kaos kaki, agar si Kecil tetap nyaman berada di dalam kendaraan. Pakaikan pakaian berbahan katun seperti kaos agar ia nyaman bergerak dan tidur di kendaraan.

5. Jangan lupa bawa obat-obatan

Perlu juga untuk menyiapkan hal terburuk untuk berjaga-jaga, seperti obat penurun demam dan juga thermometer. Penting juga untuk membawa minyak telon agar si Kecil tetap hangat dan tidak mengalami mabuk kendaraan.

Sekolah Telah Tiba! Begini 5 Persiapan Cara Menjaga Imun si Kecil

GENEROS.ID - Saat ini dibeberapa wilayah di Jabodetabek, sekolah sudah kembali masuk dan sang buah hati harus kembali belajar. Namun, ditengah tibanya masuk sekolah ini, cuaca di seluruh Indonesia sudah memasuki musim hujan. Maka dari itu, sang buah hati harus...