fbpx

Perkembangan Otak Anak tak Bisa Lepas dari Peran Penting Nutrisi, Cek Faktanya!

by | Jul 21, 2023 | Nutrisi, Tumbuh Kembang

generos.id – Semua anak berhak untuk memiliki perkembangan otak yang optimal dan pastinya Bunda pun ingin nutrisi sang buah hati juga bisa terpenuhi.

Maka dari itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah perkembangan otak anak usia dini.

Faktor utama dan yang tidak boleh dilupakan adalah beberapa pentingnya nutrisi bagi perkembangan otak anak.

Perkembangan otak yang baik bisa mencakup beberapa kemampuan atau skill anak seiring dengan bertambahnya usia, seperti kemampuan kognitif, sosial, serta emosional.

Lalu, bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi untuk mendukung perkembangan anak? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Peran Penting Nutrisi dalam Mendukung Perkembangan Otak Anak

Peran Pentingnya Nutrisi Dalam Mendukung Perkembangan Otak Anak

Peran Pentingnya Nutrisi Dalam Mendukung Perkembangan Otak Anak

Dokter spesialis anak dr. Wulan Sasmieta, Sp.A mengungkapkan dalam live IG Generos beberapa waktu lalu bahwa nutrisi merupakan salah satu komponen penting dalam tumbuh kembang otak anak.

Bahkan pemenuhan kebutuhan nutrisi itu sudah dimulai saat sang buah hati di dalam kandungan sampai sudah lahir sampai usia 2 tahun.

Sel saraf akan tumbuh dan saling terkoneksi dengan lainnya yang membuat sistem kerja di tubuh si Kecil dan kemudian di antara indera-indera.

Baca Juga  Peran Ayah Dalam Mengajarkan Anak Berpuasa

Tak hanya itu saja, dr. Wulan pun mengungkapkan bahwa banyak nutrisi juga akan berperan untuk kebutuhan zat besi, kebutuhan vitamin dan protein.

“Banyaknya nutrisi ini juga berperan misalnya untuk kebutuhan zat besi, kebutuhan vitamin seperti A, D, B6, B12, dan protein,” ucap dokter anak tersebut.

“Oleh karena itu penting banget untuk memastikan kebutuhan nutrisi anak yang tepat sesuai kebutuhannya,” sambungnya.

Sedangkan berdasarkan penelitian The Journal of Pediatrics yang mengulas pentingnya nutrisi untuk perkembangan otak anak di 1000 hari pertama kehidupan.

Bahwa struktur dan kapasitas otak dibentuk sebelum anak menginjak usia 3 tahun.

Dengan demikian, orang tua perlu mengoptimalkan masa-masa ini dengan memberikan asupan nutrisi yang memadai setiap harinya.

Nutrisi merupakan salah satu faktor penting yang bisa mendukung kemampuan belajar dan konsentrasi pada anak.

Hal tersebut akan memadai dapat mendukung daya tahan tubuh atau sistem imun si Kecil sehingga sang buah hati tidak gampang jatuh sakit.

Dengan demikian anak bisa terus mendapat sekaligus melakukan stimulasi untuk melatih kemampuan otak.

Selanjutnya terdapat makanan yang termasuk ke dalam golongan ‘brain food’ lantaran memiliki kandungan yang terbukti baik untuk mendukung perkembangan otak anak.

Baca Juga  5 Tips Kebutuhan Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Anak

Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi untuk Perkembangan Otak Anak Setiap Hari

Bagi anak yang baru lahir, ASI merupakan sumber nutrisi terbaik yang meliputi berbagai kandungan untuk tumbuh kembang yang optimal.

Proses ASI eksklusif juga tak hanya sebagai sumber, hal ini juga akan membuat hubungan antara ibu dan sang buah hati terjalin dengan baik akibat kontak langsung.

Seiring dengan bertambahnya usia, berbagai makanan tentu akan mulai diperkenalkan satu per satu.

Saat inilah orang tua perlu memperhatikan makanan sehat dan seimbang yang salah satunya bisa mendukung perkembangan otak anak.

Dikutip dari laman Health Harvard, terdapat berbagai sumber makanan yang baik diberikan sebagai nutrisi otak anak, berikut di antaranya:

  • Protein: Dapat ditemukan dalam daging merah atau putih, makanan laut, kacang dan biji-bijian, telur, olahan soya, dan juga susu.
  • Zinc: Mungkin belum banyak yang tahu, tapi makanan yang paling kaya akan zinc adalah tiram, daging, ikan, susu, dan olahan biji-bijian.
  • Zat Besi: Daging, kacang dan biji-bijian, sayuran hijau serta kentang panggang merupakan beberapa sumber terbaik zat besi.
  • Vitamin A: Bisa didapat dari makanan seperti ginjal hewan, wortel, ubi manis, dan bayam.
  • Vitamin D: Sumber terbaik dalam vitamin ini adalah sinar matahari, namun ikan salmon dan beberapa jenis susu pertumbuhan juga mengandung vitamin satu ini.
Baca Juga  Susah Bangun Awal? Ini Ide Menu Sahur Siap Saji
Selain dari makanan utama, pemenuhan kebutuhan nutrisi harian juga bisa melalui suplementasi atau pemberian suplemen. Salah satunya Generos, Generos juga akan memberikan nutrisi untuk perkembangan otak anak, lantaran terdapat 5 bahan alami yang terdapat di dalamnya.

Lima bahan yang terdapat di Generos, sebetulnya semua mengandung nutrisi untuk perkembangan otak anak karena ada kandungan AA, DHA, EPA, dan Omega 3.

Bahan alami seperti pegagan mengandung DHA, sehingga anak akan lebih aktif. Juga, dalam mengkudu terdapat antioksidan yang tinggi untuk melindungi sel otak.

Sedangkan untuk ikan sidat mengandung Omega 3 yang tinggi. Adapun untuk madu hutan juga terdapat antioksidan dan berguna untuk meningkatkan imunitas sehingga tak gampang sakit.

Kemudian bahan herbal terakhir yang terkandung dalam suplemen kecerdasan ini yaitu temulawak, herbal ini memiliki manfaat untuk mencegah bakteri dan menambah nafsu makan.***