fbpx

Jangan Dilewatkan ya! Ini Pentingnya Vitamin Otak untuk Anak

by | Feb 2, 2023 | Vitamin Otak, Nutrisi

Salah Satu Vitamin Otak Yaitu Asupan Makanan Bergizi Yang Sehat Untuk Anak

Salah Satu Vitamin Otak Yaitu Asupan Makanan Bergizi Yang Sehat Untuk Anak

Ingin anak Bunda berprestasi lebih baik di sekolah? Perhatikan baik-baik apa yang dikosumsi si Kecil ya!  Karena  dengan makanan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak, fungsi otak, memori, dan konsentrasi.

Dilansir dari WebMD, menurut Ahli Gizi Bethany Thayer, MS, RD otak itu organ yang paling pertama merasakan lapar. Sehingga otak merupakan bagian tubuh yang utama dalam menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Dan, penting untuk Bunda pahami masa golden age merupakan saat otak anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang mengagumkan. Menurut penelitian yang dimuat  dalam jurnal The Role of Nutrition in Brain Development: The Golden Opportunity of the “First 1000 Days” menyebutkan bahwa nutrisi memiliki peran penting dalam perkembangan otak si Kecil  saat usia 3 tahun awalnya.

Di masa emas perkembangan otak anak sudah berlangsung sejak si Kecil berada di dalam kandungan sampai berumur 3 tahun, ada pula yang menyebutkan sampai 5 tahun. Maka dari itu, orang tua harus memahami pentingnya pemberian vitamin otak dan stimulasi yang bervariasi, agar perkembangan otaknya berjalan dengan optimal.

Baca Juga  Waktu yang Tepat untuk Konsumsi Generos

Pemberian asupan dari dalam berupa vitamin dan juga asupan dari luar berupa stimulasi berfungsi sebagai perangsang kecerdasan, kreativitas dan untuk membantu dalam mengoptimalkan kemampuan panca indera seperti pendengaran, penglihatan, peraba, penciuman, dan pengecapan.

Beberapa komponen nutrisi penting untuk mendukung kecerdasan otak anak seperti asam lemak Omega 3 (DHA dan EPA), vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan D, zinc, zat besi, tembaga, selenium, protein, yodium, atau tambahan sumber nutrisi lainnya. Berikut ini beberapa manfaat vitamin otak pada anak:

1. Vitamin Otak Dapat Memaksimalkan Perkembangan Saraf Otak

Tidak Hanya Vitamin Otak Tapi Juga Stimulasi otak anak dengan mengajak bermain

Vitamin dan stimulasi merupakan perpaduan yang tepat bagi perkembangan otak ana

Perkembangan otak anak memang suatu proses yang kompleks. Dengan dipenuhinya kebutuhan vitamin untuk otak maka perkembangan saraf otaknya akan dapat berjalan dengan optimal.

Baca Juga  Kartini Masa Kini, Perjuangan Bunda Mengasuh si Kecil Bersama Generos

Saraf otak yang terdiri dari sel-sel itu membutuhkan ‘makanan’ agar sel-sel tersebut dapat terkoneksi satu sama lain. Jika sel-sel saraf otak terkoneksi dengan baik maka itu menandakan bahwa otaknya telah berkembang dengan maksimal.

Dalam vitamin terkandung banyak fungsi yang bisa membantu menjaga sistem imun tubuh, kesehatan mata, dan mendukung perkembangan saraf otak. Paduan antara vitamin otak anak dan stimulasi perlu dilakukan secara rutin dan  teratur agar otak anak tidak hanya berkembang tapi juga mampu melatih daya pikir serta konsentrasinya.

2. Memaksimalkan Fungsi Kerja Otak

Nutrisi dapat mempengaruhi berbagai hal dalam kehidupan anak. Makanan sehat dapat memberikan dampak positif bagi kecerdasan anak dengan cara menutrisi sel-sel otak. Jika sel-sel otak dipenuhi dengan asupan nutrisi yang dibutuhkannya maka itu dapat meningkatkan fungsi kerja kognitif si Kecil seperti daya ingat, kemampuan belajar, dan menganalisis. Jika si Kecil kekurangan nutrisi akan berakibat pada penurunan fungsi kognitif otaknya.

Baca Juga  Khasiat Temulawak untuk Anak Susah Makan

Puncak perkembangan sel saraf otak anak berada di masa emasnya. Agar proses perkembangan otak berjalan dengan optimal dan tanpa mengalami gangguan, maka vitamin otak dapat membantu mengoptimalkannya dengan asupan yang tepat.

Dengan pemberian asupan makanan yang lengkap dan seimbang sejak dalam kandungan, ditambah dengan pemberian vitamin otak, serta stimulus yang tepat, maka besar kemungkinan akan membantu merangsang pertumbuhan jumlah sel-sel otak. Dengan banyaknya jumlah sel pada otak yang bercabang dan saling terkoneksi dengan saraf, maka semakin bagus fungsi sinaps antara sel-sel otak anak.

Salah satu vitamin otak anak yang bisa Bunda gunakan adalah Generos yang memberikan nutrisi terbaik dengan produk suplemen herbal yang dibutuhkan untuk perkembangan otak si Kecil.

Demikian manfaat vitamin otak pada anak yang perlu Bunda ketahui. Otak merupakan organ pusat perkembangan anak yang sebaiknya dimaksimalkan di masa pertumbuhan dan perkembangannya.

Perlu diingat ya Bunda, perkembangan otak anak yang optimal dapat mempengaruhi kecakapan motorik, komunikasi, serta emosional si Kecil. Jadi, jangan sampai  si Kecil kekurangan nutrisi ya!

 

 

 

 

Sekolah Telah Tiba! Begini 5 Persiapan Cara Menjaga Imun si Kecil

GENEROS.ID - Saat ini dibeberapa wilayah di Jabodetabek, sekolah sudah kembali masuk dan sang buah hati harus kembali belajar. Namun, ditengah tibanya masuk sekolah ini, cuaca di seluruh Indonesia sudah memasuki musim hujan. Maka dari itu, sang buah hati harus...