fbpx

Jangan Anggap Sepele! Ternyata Ini Alasan Penting Menjaga Kesehatan Otak Anak

by | Jan 23, 2024 | Tumbuh Kembang

Otak anak merupakan salah satu organ penting yang perlu diperhatikan oleh orang tua, karena perkembangannya membutuhkan berbagai stimulasi agar dapat mengoptimalkan kecerdasannya.

Mulai dari makanan, lingkungan, hingga berbagai pendidikan yang diterima anak.

Maka, orang tua sebaiknya memperhatikan asupan makanan. Selain untuk menunjang pertumbuhan fisik anak, juga untuk perkembangan otaknya. Asupan nutrisi adalah salah satu pendukung utama untuk perkembangan

Asupan nutrisi adalah salah satu pendukung utama untuk perkembangan otak anak. Pemberian nutrisi yang tepat akan mempengaruhi fokus dan keterampilan kognitif.

Berbagai asupan makanan di atas juga dapat dilengkapi dengan memberikan Nutren Junior, jadi asupan tersebut membawa kelengkapan asupan protein.

Seperti Omega 3 dan 6, DHA, serat pangan, 13 vitamin, dan 9 mineral, jadi orang tua dapat mengatur porsi makan anak bersama dengan Nutren Junior setiap harinya.

Selain nutrisi yang baik, perkembangan otak anak juga bisa distimulasi dengan memberikan permainan-permainan edukatif. Sebenarnya, permainan sederhana seperti “cilukba” saja punya dampak positif untuk bayi.

Orang tua dapat mengajak si Kecil bernyanyi, hingga memainkan balok mainan. Tak hanya itu saja, Bunda dan Ayah juga dapat mengajak si Kecil bernyanyi, hingga memainkan mainan balok.

Memberikan nutrisi yang sehat dapat meningkatkan kecerdasan otak anak

Memberikan nutrisi yang sehat dapat meningkatkan kecerdasan otak anak

Pilihlah jenis permainan yang dapat melatih kemampuan motorik, bahasa, komunikasi, sosial, emosional, maupun kognitifnya.

Baca Juga  Anak Liburan Sekolah di Rumah Saja? Coba 5 Kegiatan ini agar anak semakin Cerdas!

Tentunya, orang tua sebaiknya menentukan jenis permainan dengan tahapan usia anak.

Kebiasaan membacakan buku bergambar dapat membantu anak untuk menghubungkan antara kata-kata yang didengar dengan gambar yang dilihatnya, serta mengenali benda-benda.

Seiring dengan bertambahnya usia Si Kecil, Anda dapat memberikan buku lain yang sesuai dengan tahapan usianya.

Berikanlah lingkungan yang nyaman untuk pertumbuhan anak-anak. Si Kecil yang berbahagia membantu mereka untuk lebih cepat menerima pelajaran dari orang tua maupun sekolah.

Komunikasi yang intens antara orang tua dan anak amat penting untuk membangun hubungan keluarga yang baik. Komunikasi menumbuhkan tali kasih sayang dan cinta semakin meningkat antara anak dan orang tua.

Komunikasi yang baik juga memudahkan orang tua memantau pertumbuhan anak-anak, termasuk perkembangan otak anak.

Setiap anak memiliki minat dan bakatnya masing-masing. Ada anak yang senang bermain musik, ada pula anak yang gemar bernyanyi, mewarnai, atau berenang.

Baca Juga  7 Mitos dan Fakta Tentang Disabilitas Intelektual

Bunda dapat mendukung kegiatan yang disukai anak agar ia menjadi lebih aktif, kreatif, terampil, dan otak anak terus terasah.

Anak-anak yang aktif olahraga tampaknya mengarah pada volume otak yang lebih besar di area yang terkait dengan memori dan fungsi berpikir.

Seperti perilaku dan pengambilan keputusan, memiliki konsentrasi yang lebih baik dan rentang perhatian yang lebih lama menjadi bugar.

Tak hanya olahraga, kegiatan menjaga kesehatan otak lainnya adalah istirahat! Istirahat adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk dapat menjaga kesehatan otak.

Jika waktu tidur tidak cukup dan kualitasnya buruk, hal ini dapat mempengaruhi produktivitas dan kesehatan otak.

Jika orang tua dengan cara yang tepat dalam menjaga perkembangan otak anak sejak janin yang akan berlanjut hingga bayi lahir dan beranjak besar dapat mencapai potensi terbaiknya.

Jangan sampai perkembangan kemampuan otak si Kecil tersendat karena ini dapat mempengaruhi hidupnya saat dewasa nanti.

Baca Juga  Mudik? Yuk Simak Tips Mudik Aman Bersama Anak

Pentingnya Menjaga Kesehatan Otak Anak

Ketika otak berkembang menjadi bagian dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan segala tindakan yang dilakukan tubuh.

Terdapat beberapa alasan penting untuk dijaga karena kreativitas, kecerdasan, emosi, dan ingatan juga merupakan hal-hal yang dilakukan oleh fungsi otak anak.

Dengan mengetahui fungsi otak secara sederhana ini, berarti menjaga kesehatan otak itu sangat penting.

Otak anak yang sehat akan membantu si Kecil bekerja dengan baik dan meningkatkan produktivitas.

Sebaliknya, otak yang pikun atau sering lupa akan menghambat aktivitas. Pikun atau demensia termasuk masalah kesehatan yang banyak terjadi pada masyarakat dunia.

Jika otak rusa dapat disebabkan berbagai penyakit, mulai dari demensia seperti penyakit Alzheimer hingga stroke.

Kerusakan jaringan otak ini dapat dipicu oleh berbagai kebiasaan yang tak sehat. Salah satu yang mungkin sering Bunda lakukan adalah menggunakan headphone dengan volume terlalu keras. Mari kita para orang tua menjaga kesehatan otak anak.

Salah satu yang mungkin sering Anda lakukan adalah menggunakan headphone dengan volume terlalu keras. Mari kita untuk orang tua menjaga kesehatan otak anak.

Jangan Sampai Tidak Tahu! Ini 8 Penyebab Tantrum Pada si Kecil

GENEROS.ID - Mengatasi tantrum pada sang buah hati memang tidak mudah, selain butuh kesabaran ekstra, diperlukan waktu dan perhatian lebih agar Ibu dan Ayah dapat mencermati berbagai kemungkinan penyebabnya. Mungkin Bunda dan Ayah juga akan merasakan jengkel jika sang...