fbpx

Kiat Menabung dan Mengatur Keuangan Saat Ramadhan

by | Apr 8, 2022 | Keluarga

Keluarga – Hayoo jujur, siapa yang suka kalap beli barang ini dan itu saat Ramadhan? Selain mempersiapkan mental menyambut Ramadhan. Bunda juga perlu mempersiapkan keuangan saat Ramadhan. Ditambah banyak keperluan yang ingin dibeli untuk memenuhi isi kulkas. Duh! gak kebayang keuangan tiba-tiba membengkak. Kalau sudah gini, Kira-kira apakah susah menabung dan mengatur keuangan saat Ramadhan?

Padahal, bulan ramdahan merupakan momentum untuk kita berhemat dan pintar mengatur keuangan lho! Tentunya Bunda tidak perlu mengeluarkan uang belanja untuk sarapan atau makan siang. Namun, terkadang suka kalap belanja saat buka puasa. Padahal saat buka puasa kita bisa buka dengan makanan yang secukupnya untuk menghindari keborosan saat Ramadhan

Mumpung masih di minggu awal puasa. Simak tips agar Bunda masih tetap bisa menabung saat bulan Ramadhan yuk!

Ramadhan Bisa Buat Bunda Tambah Kaya

Bulan Ramadhan merupakan momen dimana Bunda dan Keluarga  berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala, karena pada bulan ini hampir semua ibadah dilipat gandakan pahalanya. Maka, gunakan kesempatan ini untuk menabung pahala sebanyak-banyaknya. Tak terkecuali dalam menabung materi saat bulan Ramadhan.

Baca Juga  Fakta Menarik Manfaat Al-Qur'an untuk Kecerdasan Otak

Berdasarkan survei, Jenius Study: Indonesian Digital Savvy Behavior During Ramadan 2020 dilakukan terhadap 468 digital savvy Indonesia selama bulan April hingga Mei 2020. Ada lima kegiatan finansial paling sering dilakukan selama Ramadan, pertama ialah menabung yang memperoleh nilai sebanyak 76%. Maka, hampir semua masyarakat sudah paham bahwa bulan ramadhan jadi momen penting untuk menabung. Kalau Bunda masih bingung cara menabung saat bulan Ramadhan, yuk simak beberapa tips berikut agar tetap menjadi kaya secara keuangan maupun ibadah selama Ramadhan!

1. Kontrol Pengeluaran Saat Awal Ramadhan

Pada awal bulan Ramadhan, lebih baik Bunda mengatur pengeluaran kebutuhan konsumsi. Ditambah Bunda tidak perlu mengeluarkan uang untuk sarapan dan makan siang. Momen ini menjadi kesempatan Bunda untuk menabung dari pengeluaran belanja makanan.

Namun, sebaiknya Bunda sudah mengatur pengeluaran untuk sahur dan buka puasa ya. Usahakan susun anggaran yang tepat dan tidak terlalu berlebihan.

Baca Juga  Bisakah Anak Speech Delay Akibat Orang Tua sering Bertengkar?

2. Niat untuk menabung

Terkadang saat menabung, alangkah baiknya kita punya tujuan agar menabung tetap berjalan lancar. Contohnya, jika Bunda dan keluarga punya target besar yang harus dipenuhi pada tahun ini atau mau nabung untuk keperluan mudik lebaran. Dengan begitu, Bunda akan semangat untuk menabung saat bulan ramadan karena punya tujuan yang ingin dicapai.

3. Perintah Agama

Momen Ramadhan sudah sepatutnya kita bisa fokus untuk beribadah. Alangkah baiknya, bulan ini kita dan keluarga isi dengan kegiatan yang mendatangkan pahala dan ridho Allah swt semata. Terlebih, Allah swt menyarankan kita untuk menggunakan harta secara efisien. Agar kita tidak menjadi orang yang boros. Hal tersebut telah tercantum pada ayat berikut:

إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ ۖ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا

Sesungguhnya orang-orang pemboros itu adalah saudara-saudara setan, (artinya berjalan pada jalan setan) dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya. (Q.s. al-Isrâ [17]: 27)

Mengatur Keuangan Saat Ramadhan

1. Buat Rencana Pengeluaran Keluarga

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, Bunda sudah bisa membuat daftar pengeluaran yang akan dibeli. Tulis dalam dua kelompok, mana yang wajib dibeli dan batasi kebutuhan maupun barang yang tidak penting. Hal ini membuat Bunda bisa menekan pengeluaran saat bulan Ramadhan. Termasuk Bunda juga harus merencanakan pengeluaran saat lebaran nanti lho! Biar tidak overbudget.

2. Susun daftar Menu untuk Sahur dan Buka Puasa

Menyusun menu untuk sahur dan buka dapat mengontrol keuangan saat bulan Ramadhan lho Bunda! Dengan begitu, Bunda bisa tahu lebih jelas saat belanja bahan makanan dan terhindar dari sifat pemborosan.

Baca Juga  Cara Terapi Wicara di Rumah untuk Anak

3. Belanja dengan Bijak

Saat bulan Ramadhan tiba, semua barang rasanya ingin dibeli ya Bund! Maka dari itu, Bunda juga harus bijak dalam belanja kebutuhan rumah. Misalnya tidak perlu membeli baju lebaran jika masih mempunyai baju yang bagus. Selain itu, kurangi membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

belanja-bijak-ala-generos

Belanja bijak ala Generos

4. Perlukah Buka Bersama di luar?

Bulan Ramadhan juga jadi momen silaturahmi bersama keluarga atau kerabat, salah satunya dengan kegiatan buka bersama. Namun, Bunda juga perlu meninjau ulang lagi, apakah benar-benar dibutuhkan atau tidak. Karena ada kebutuhan lain yang lebih prioritas dibandingkan buka bersama di luar.

Sekian beberapa tips dari generos untuk mengatur keuangan saat bulan Ramadhan. Bunda jang lupa juga untuk jaga imun tubuh anak selama puasa dengan Generos ya! Ketahui lebih lanjut tentang Generos disini.